Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pakem untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Organisasi Kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota

Rosita Situmorang

Abstract


Abstrak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang siswa tahun ajaran 2014/2015. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 22 orang siswa pada kondisi awal diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 9 dan 77,27% kategori kurang aktif. Pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rat skor keaktifan belajar siswa sebesar 10 dan 68,18% kategori kurang aktif, selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa meningkatkan menjadi 13 dan 50% termasuk kategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 16 dan 40,91% sudah termasuk kategori aktif, pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar semakin meingkat menjadi 19 termasuk kategori aktif dan 45,45 % siswa yang termasuk kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat meingkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di SD Negeri 066650 Medan Kota TA 2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapatd digunakan sebagai alterantive dalam pembelajaran.

Kata Kunci: Pembelajaran PAKEM, Kekatifan Belajar, Organisasi Kelas.


Full Text:

##PDF##

Refbacks

  • There are currently no refbacks.