Pengaruh Sikap Kerja Dan Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan

Yusnita Sari, Safrida Safrida, Faty Rahmarisa

Abstract


Berdasarkan hasil pengamatan, penulis menemukan beberapa permasalahan terkait produktivitas kerja karyawan PT Kencana Permata Nusantara, yaitu kurangnya disiplin karyawan dalam bekerja, rendahnya motivasi para karyawan, pemberian bonus yang termasuk bagian dari kompensasi yang diberikan perusahaan masih minim dan masih belum sepenuhnya sesuai dengan harapan karyawan, masih banyak karyawan yang kurang mampu menyelesaikan pekerjaan dengan kualitas yang baik karena adanya keterbatasan tingkat pengetahuan dan keterampilan kerja dalam melaksanakan pekerjaan, masih ditemukan karyawan yang kurang dapat menyelesaikan pekerjaan dalam jumlah yang banyak sehingga banyak pekerjaan yang bertumpukan sehingga hal ini menyebabkan lambatnya tingkat penyelesaian pekerjaan oleh karyawan dan sebahagian karyawan kurang dapat memahami dan mengikuti instruksi serta kurang mempunyai inisiatif dalam bekerja. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sikap kerja dan kompensasi terhadap produktivitas kerja karyawan PT Kencana Permata Nusantara. jumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah 66 orang karyawan bagian produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sikap kerja berkontribusi positif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Variabel kompensasi berkontribusi positif dan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan. Secara parsial sikap kerja dan kompensasi berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kerja karyawan PT Kencana Permata Nusantara.


Keywords


Sikap Kerja, Kompensasi, Produktivitas Kerja

Full Text:

PDF

References


Alimuddin, W. (2012). Pengaruh kompensasi terhadap produktivitas karyawan pada PT. Bakrie Telecom area Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin).

Dinantara, M. D. (2019). Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Alfabet Berkat Citrabuana. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 3(1), 99-107.

Fitrianti, D. N. (2018).Pengaruh Kompensasi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT Pindad Persero Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 2(3), 204-216.

Kartikasari, D., & Cherny, K. B. (2017).Pengaruh stres dan motivasi terhadap produktivitas kerja karyawan pada pt epson batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 5(1), 80-90.

Kenneth, 2019. Teori Sikap Manusia. Edisi 2 Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Lestari, G., Neneng, N., & Puspaningrum, A. S. (2021).Sistem Pendukung Keputusan Tunjangan Karyawan Menggunakan Metode Analytical Hierarki Process Pada Pt Mutiara Ferindo Internusa. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 2(3), 38-48.

Purnama, Dewi, D., & Harjoyo, H. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Suryadewi, N. K. A., Wiyasa, I. K. N., & Sujana, I. W. (2020). Kontribusi Sikap Mandiri dan Hubungan Sosial Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(1), 29-39.

Sutrisno,.(2016). Manajemen sumber daya manusia. Kencana,

Wibowo.(2016). Perilaku dalam Organisasi.Jakarta: Rajawali Pers




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i1.6728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id