Pengaruh Stres Kerja Dan Komunikasi Terhadap Kinerja

Yunda Ainayah, Fauzi Fauzi, Neni Sri Wahyuni

Abstract


Kinerja pegawai Puskesmas Kerasaan masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya pekerjaan yang tidak selesai tepat waktunya, sikap pegawai yang kurang ramah terhadap tamu, dan pegawai kurang cepat dan cekatan dalam melayani permintaantamu. Pencapaian target pekerjaan tidak sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. Fenomena stress kerja dilihat dari beban kerja yang diberikan tidak sesuai dengan pekerjaan pegawai. Tingkat stres yang dialami pegawai berbeda-beda tergantung pada masing-masing level (jabatan) sesuai dengan beban kerja yang diterima. Tekanan dari atasan dan klien juga menambah beban pekerjaan pegawai. Tidak berimbangnya antara beban kerja dan imbalan yang diterima juga menjadi indikasi munculnya stress kerja, pegawai merasa pekerjaannya tidak dihargai oleh atasan. Minimnya pemberian pekerjaan kepada pegawai juga sering menimbulkan kecemasan dan rasa takut akan diberhentikan dari pekerjaan mereka saat ini. Faktor lain yang menjadi penyebab rendah nya kinerja adalah komunikasi sesame pegawai yang tidak berjalan dengan lancer sehingga sering kali menimbulkan kesalahpahaman. Terkadang berkomunikasi dengan nada bicara yang berbeda atau sedikit bernada tinggi dapat diartikan lain oleh orang lain, sehingga munculah kesalahpahaman tersebut. Rasa iri hati dan tidak suka antar pegawai menjadi masalah yang belum mendapatkan perhatian khusus oleh instansi, sementara hal tersebut justru yang mendasar terjadinya konflik. Sistem pembagian bonus atau upah lembur yang tidak sesuai juga sering memicu timbulnya konflik antar pegawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stress kerja dan komunikasi terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kerasaan. Keseluruhannya akan dijadikan sebagai sampel dengan membagikan kuesioner. Hasil analisis dan uji hipotesis menyatakan bahwa stress kerja berkontribusi negatif dan tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kerasaan dengan nilai koefisien regresi -0,028 dan nilai signifikan 0,667. Komunikasi berkontribusi positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Puskesmas Kerasaan dengan nilai koefisien regresi 0,365 dan nilai signifikan 0,007. Streskerja dan komunikasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai PuskesmasKerasaan, dengan nilai signifikan 0,016. Kemampuan stress kerja dan komunikasi adalah sebesar 17,5% dan sisanya 82,5% (100% - 17,5%) dapat dijelaskan oleh variasi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Stres kerja, komunikasi, kinerja

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., & Indah, D. Y. (2022). Pengaruh Motivasi, Komunikasi dan Stres Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Pada Karyawan PT Taspen (Persero) KCU Bandung) (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan Bandung).

Bangun. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Daryanto. (2011). Ilmu Komunikasi. Cetakan Pertama. Bandung: Satu Nusa (Sarana Turitorial Nurani Sejahtera).

Fauzi, M. (2017). Pengaruh Komunikasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Rumah Sakit Citra Medika Tembung (Doctoral dissertation).

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivarite dengan program SPSS.

Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Griffin, R., & Van Fleet, D. (2013). Management skills: Assessment and development. Cengage Learning.

Hani, (2014) Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia Yogyakarta ;Bpfe

Hasibuan, Melayu. (2014). Manajemen SDM. Jakarta: BumiAksara.

Irham, Fahmi. (2013). Manajemen kinerja, Bandung: Alfabeta cv.

Lijian, Poltak.S (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara

Lijian, Poltak. S. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi

Aksara.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2013). ManajemenSumberDayaManusia Perusahaan. CetakanDuabelas. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Mangkunegara. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung ; PT. Remaja Rosdakarya

Hasibuan, Melayu S.P (2010). Manajemen Sumber Daya manusia, Jakarta: PT. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i1.6788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Manajemen dan Bisnis
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id