• https://htn.parahikma.ac.id/sbotop/
  • https://journal.parahikma.ac.id/juaraslot/
  • bajak scatter
  • sbobet88
  • lapak cheat
  • scatter hitam
  • https://siapadia.riau.go.id/plugins/pulsa-limaribu/
  • https://spadav2.unikal.ac.id/lang/paito-hk/
  • slot garansi kekalahan
  • slot deposit pulsa indosat
  • slot demo
  • https://jurnal.fkip.unila.ac.id/lib/pkp/sbotop/
  • https://siapadia.riau.go.id/dist/mpo-gacor/
  • Powerjepe
  • Sbotop
  • http://fairplay.uho.ac.id/lapas/sensus/
  • turbox1000
  • Gacor288
  • JURAGANSLOT
  • zara4d
  • BNI4D
  • dewa288
  • https://theoejwilson.com/
  • raja slot
  • https://penkopjurnal.uho.ac.id/cokky/cheat/
  • slot demo
  • iblis merah hack
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/idslot/
  • alexis toto
  • Robot Merah Hack
  • pusat maxwin
  • santuy4d
  • https://prologue.sastra.uniba-bpn.ac.id/js/slotmp7/
  • https://simlinmas.kemendagri.go.id/web/xgacor/
  • https://monitoring-rup.rokanhulukab.go.id/casinoo/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/demo-slot/
  • http://jiseafa.lppm.unand.ac.id/js/slotraf/
  • http://jurnalobgin.fk.unand.ac.id/lib/pkp/ratuslot/
  • bonanza88
  • naga200
  • slot fuji
  • turbox500
  • Lapak Cheat
  • Lucky RP
  • https://elearning.kent.ac.id/cheats/
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/dewa288/
  • https://www.ies.ftk.uinjambi.ac.id/pages/situs-toto/
  • Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Kedai Kopi Cold N’ Brew Fajar Indah Surakarta | Zhafari | Manajemen dan Bisnis

    Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi Pada Kedai Kopi Cold N’ Brew Fajar Indah Surakarta

    Muhammad Farras Zhafari, Wuryaningsih Dwi Lestari

    Abstract


    Perkembangan dunia bisnis yang sangat pesat telah berdampak pada semakin banyaknya unit usaha baru yang dirintis masyarakat baik yang berskala kecil, menengah maupun yang berskala besar. Fenomena tersebut diikuti dengan pesatnya perkembangan bisnis kedai kopi. Dengan banyaknya kedai kopi yang ada di Surakarta membuat semakin ketatnya persaingan dalam dunia bisnis, dengan semakin banyaknya tingkat persaingan maka dibutuhkan pula fungsi pemasaran yang baik, yang akan memberikan kepuasan dan menimbulkan loyalitas kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada kedai kopi cold n’ brew fajar indah surakarta. Metode penelitian ini kuantitatif, populasi penelitian ini ialah pelanggan Kedai Kopi Cold N’ Brew dan jumlah sampel penelitian ini 120 responden. Hasil penelitian ialah variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.  Variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Variabel bauran pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variable mediasi.


    Keywords


    Bauran pemasaran; loyalitas pelanggan; kepuasan pelanggan

    Full Text:

    PDF

    References


    Aprileny, I., Rizki, D. K., & Emarawati, J. A. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal STEI Ekonomi. https://doi.org/10.36406/jemi.v31i01.544

    Arifa, N., & Sholahuddin, M. (2022). Journal of Business and Management Studies Consumer’s Perceptions of Service Quality in Surakarta’s Bus Terminal during New Normal Era. https://doi.org/10.32996/jbms

    Daryanto, & Setyabudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Gava Media.

    Debby. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Variabel Kepuasan (Studi Pada Pelanggan Indihome PT. Telekomunikasi Indonesia Regional Bogor).

    Endratama, D., & Lestari, W. D. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loualitas Pelanggan (Studi Pada Rumah Teh “Ndoro Donker”). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta.

    Fauziah Noor Aini, Rosnita, & Hadi, S. (2021). Bauran Pemasaran Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Masyarakat Mengkonsumsi Mie Sagu Dan Sampolet. Jurnal Agribisnis.

    Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

    Hutasoit. (2011). Pelayanan Publik: Teori dan Aplikasi.

    Indrawati. (2015). Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Refika Aditama.

    Jeremia, & Soepeno, D. (2019). Pengaruh Service Quality, Trust dan Consumer Satisfaction terhadap Consumer Loyalty pada CV Sarana Marine Fiberglass. Jurnal EMBA, 7(1).

    Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. Pearson Education.

    Kotler, Philip & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall.

    Lisa. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Zoya Cabang Medan dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating.

    Muhari. (2012). Perilaku Pelanggan dan Komunikasi Pemasaran. Remaja Rosdakarya Offset.

    Murtini, A., Zamhari, & Oktalina, G. (2019). Analisa Bauran Pemasaran (7p) Untuk Menentukan Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Home Industry Cv Melati Kota Pangkalpinang). Jurnal Progresif Manajemen Bisnis (Jipmb), 6(4), 2354–5682.

    Putri, A. R., & Lestari, W. D. (2022). Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta) Oleh. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1).

    Risal, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Empiris Pada Industri Kafe dan Resto di Kota Palopo. 14(2), 180–188.

    Sangadji, E. SM., dan S. (2013). Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis. Penerbit Andi.

    Sudaryono. (2016). Manajemen pemasaran: teori & implementasi (FL. Sigit, Ed.). Andi Offset.

    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

    Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. PT Pustaka Baru.

    Surya, A. P. (2019). customer loyalty from perspective of marketing mix strategy and customer satisfaction a STUDY from Grab - Online Transportation in Era of Industrial Revolution 4.0. MIX JURNAL ILMIAH MANAJEMEN. https://doi.org/10.22441/mix.2019.v9i3.001

    Wahyuddin MH., SE., ME, Muh. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Furnitur Angkasa Rahmat Unaaha. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.37

    Yusnara, R. I., & Soepatini, S. (2023). Utilitarian, hedonic, and social values on e-commerce customer loyalty: mediating role of customer satisfaction. Journal of Enterprise and Development (JED), 5(2), 2023.




    DOI: https://doi.org/10.30743/jmb.v5i2.7555

    Refbacks

    • There are currently no refbacks.


    Manajemen dan Bisnis
    Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
    Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
    Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
    Email: admin.jmb@fe.uisu.ac.id
    https://theescapegoat.com/