Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah petani untuk meningkatkan loyalitas pengambil kredit di bank

Christo Revalino, Lasmono Tri Sunaryanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan, pendapatan, pengeluaran, fasilitas, dan pelayanan yang mempengaruhi kepuasan untuk meningkatkan loyalitas nasabah  di Bank Jateng. Penelitian ini menggunakan 30 responden nasabah petani bank Jateng. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi, dan studi pustaka. Teknik analisis menggunakan SPSS V.24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelayanan memiliki hasil yang signifikan dengan kepuasan nasabah, dan kepuasan memiliki hubungan yang signifikan dengan loyalitas, sedangkan pendidikan, pendapatan, pengeluaran, dan fasilitas tidak signifikan dengan kepuasan nasabah.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anhari. 2009. Optimalisasi Kebijakan Kredit Program Sektor Pertanian di Indonesia. Badan Peneitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor.

Astuti, S.W. 2001. Dampak Pemasaran jasa Rumah Sakit Terhadap Nilai, Kepuasan dan Loyalitas Pasien. Penelitian Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum di Tiga Ibu Kota Provinsi di Pulau Jawa.

Ghozali, I. 2007. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang.

Priyatno, D. 2013. Mandiri Belajar Analisis Data dengan SPSS. Mediakom.

Said, S. 2004. Pengaruh Kemampuan mengolah Informasi Terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Sulawesi Tenggra.

Santoso, S. 2010. Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS (P.E.M. Komputindo, editor). PT Gramedia, Jakarta.

Setiaji, B. 2004. Paduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Taryoto, A.H. 1992. Perkembangan Perkreditan di Indonesia. Badan Peneitian dan Pengembangan Pertanian, Bogor.

Tjiptono, F. 2004. Prinsip-prinsip Total Quality Service (TQS). Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2509

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.