Pengaruh program corporate social responsibility (CSR) terhadap kesejahteraan masyarakat petani: (Studi pada Coca-Cola Amatil Indonesia Central Java)

Rollan Mian Tambunan, Bayu Nuswantara, Hendrik Johanes Nadapdap

Abstract


Coca-Cola Amatil Indonesia Central Java (CCAI-CJ) merupakan salah satu produsen dan distributor minuman non-alkohol siap minum terkemuka dibawah lisensi The Coca-Cola Company. Perusahaan CCAI-CJ memiliki berbagai program Corporate Sosial Responbility (CSR), beberapa diantaranya yaitu program Coke Forest dan Coke Farm. Program dilaksanakan dengan cara menggandeng masyarakat petani sekitar pabrik untuk turut serta terlibat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran program Coke Forest dan Coke Farm dijalankan, serta mengetahui persepsi masyarakat petani terhadap program Coke Forest dan Coke Farm terkait pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data primer dilakukan dengan teknik wawancara serta observasi, dengan teknik trianggulasi. Adapun objek penelitian dalam penelitian ini adalah 2 orang key informan dan 3 orang petani penggarap sebagai participant. Hasil penelitian menunjukkan: 1) program Coke Forest dan Coke Farm memberikan manfaat bagi permukiman warga setempat disekitar perusahaan, secara lingkungan dan ekonomi. 2) program Coke Forest dan Coke Farm memberikan pengaruh positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar secara: materi, fisik dan mental, meskipun masih terdapat kekurangan dalam hal jumlah bantuan dan komunikasi dengan masyarakat.

References


Bogdan, R., Biklen, S. 1992. Qualitative Research for Education. Boston, MA: Allyn and Bacon.

Rahmat, P.S. 2009. Penelitian Kualitatif. Vol. 5 (9): 1-8

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Untung, H.B. 2008. Corporate Social Responsbility. Jakarta: Sinar Grafika.

Wahyuningrum, Y., Noor, I., Wachid, A. 2011. Pengaruh Program Corporate Social Responsibilty terhadap Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Administrasi Publik (JAP),1 (5), 109-115.




DOI: https://doi.org/10.30743/agr.v8i1.2555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Ilmu Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara, Medan.

Program Studi Agroteknologi - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : http://jurnal.uisu.ac.id/index.php/agriland/index
Email :agriland@fp.uisu.ac.id

Creative Commons License
InfoAgriland : Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License