ANALISIS BIAYA PRODUKSI PEMBUATAN KERIPIK SINGKONG TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM)

Bobby Syuhada

Abstract


Di masa pandemi ini, aktivitas masyarakat di luar ruangan cenderung berkurang dan membuat pendapatan para pelaku UMKM jadi ikut merosot terlebih lagi di saat pemberlakuan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya produksi dan  peranan  usaha mikro kecil menengah UMKM) terhadap peningkatan pendapatan pengusaha Keripik Singkong di Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM Desa Pasar Bengkel Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak dan secara parsial faktor produksi biaya modal/ bahan baku (X1) dan biaya tenaga kerja (X2) yang digunakan oleh pengusaha industri kecil keripik singkong berpengaruh nyata terhadap  pendapatan pengusaha UMKM.

Keywords


Biaya Produksi; Pendapatan; UMKM; Keripik Singkong

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anggen, 2012. Ajaibnya Terapi Herbal. Dunia Sehat. Jakarta.

Bappeda Sumbar. 2009. Sumatera Barat dalam Angka. Kerjasama Bappeda Propinsi Sumatera Barat dengan Biro Pusat Statistik Sumatera Barat. Padang.

Deptan, 2007. Produk Hortikultura Indonesia. http://agribisnis. deptan.go.id.

Dewi, N. 2012. Untung Segunung Bertanam. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Hosen, N, Syahrial A, Buharman B., dan Zainal Lamid. 2004. Sintesis komoditas unggulan di Sumatera Barat. Dalam Abdullah M, dkk Prosiding Seminar Nasional Kontribusi Hasil-Hasil Penelitian/Pengkajian Spesifik Lokasi Mendukung Pembangunan Pertanian Sumatera Barat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor. Hal 57-69.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta Timur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Bobby Syuhada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License