ANALISIS PENDAPATAN USAHATANI JERUK MANIS DI DESA SUKARAMAI KECAMATAN KOTO BALINGKA KABUPATEN PASAMAN BARAT

agusman agusman

Abstract


Pengelolaan usahatani jeruk di Desa Sukaramai Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman barat bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Karena dengan meningkatnya produksi yang dihasilkan maka keuntungan atau pendapatan petani akan lebih maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pendapatan usahatani jeruk manis dan menganalisis kelayakan usaha tani jeruk manis di Desa Sukaramai Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian yang dilakukan ini berjenis penelitian kuantitatif dengan bentuk analisis dan subjek yang dijadikan sumber dalam penelitian ini adalah petani jerukmanis. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode analisis data menggunakan rumus pendapatan dan kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan petani Jeruk Manis di daerah penelitian sebesar Rp. 8.325.655 /musim tanam.Usahatani Jeruk Manis  layak untuk diusahakan di daerah penelitian dikarenakan nilai R/C Rasio yang di peroleh lebih besar dari satu (R/C Rasio > 1). Dengan nilai 5.88 > 1 dan nilai B/C Rasio  yang di peroleh lebih besar dari satu (B/C Rasio > 1)  dengan nilai 5,17 >1 maka dikatakan bahwa usahatani Jeruk Manis layak di usahakan di Desa Sukaramai Kecamatan Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat.

Keywords


Biaya Produksi; Penerimaan; Pendapatan; Usahatan; Jeruk Manis

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anggen, 2012. Ajaibnya Terapi Herbal. Dunia Sehat. Jakarta

.

Bappeda Sumbar. 2009. Sumatera Barat dalam Angka. Kerjasama Bappeda Propinsi Sumatera Barat dengan Biro Pusat Statistik Sumatera Barat. Padang.

Deptan, 2007. Produk Hortikultura Indonesia. http://agribisnis. deptan.go.id.

Dewi, N. 2012. Untung Segunung Bertanam. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Hosen, N, Syahrial A, Buharman B., dan Zainal Lamid. 2004. Sintesis komoditas unggulan di Sumatera Barat. Dalam Abdullah M, dkk Prosiding Seminar Nasional Kontribusi Hasil-Hasil Penelitian/Pengkajian Spesifik Lokasi Mendukung Pembangunan Pertanian Sumatera Barat. Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor. Hal 57-69.

Suratiyah, Ken. 2015. Ilmu Usahatani. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta Timur


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 agusman agusman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License