Analisis Biaya Produksi dan Pendapatan Usaha Kacang Asin Di Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang

fachriza agustian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biaya produksi usaha kacang asin dan mengetahui pendapatan usaha kacang asin di Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Metode penelitian dengan teknik analisis data Perhitungan Biaya Total, Penerimaan dan Pendapatan serta R/C Ratio. diperoleh hasil penelitian yaitu Total biaya yang dikeluarkan usaha kacang asin pak tani sebesar Rp. 136.820.000, sedangkan total biaya yang dikeluarkan usaha kacang asin mitra tani sebesar Rp. 74.000.000. Pendapatan usaha kacang asin pak tani selama satu bulan sebesar Rp. 55.180.000, sedangkan pendapatan usaha kacang asin pak tani selama satu bulan sebesar Rp. 22.000.000. Dalam perhintungan menggunakan rumus R/C ratio usaha kacang asin pak tani memiliki nilai ratio sebesar 1,4 dimana, jika ratio > 1,3 maka usaha tersebut layak untuk dijalankan, sedangkan usaha kacang asin mitra tani memiliki nilai ratio sebesar 1,3 dimana usaha kacang asin mitra tani tidak mendapatkan keuntungan dan juga tidak menderita kerugian. Dalam perhitungan menggunakan rumus R/C ratio usaha kacang asin pak tani lebih menguntungkan dibandingkan dengan usaha kacang asin mitra tani. Karena produksi dari usaha kacang asin pak tani lebih besar dibandingkan dengan usaha kacang asin mitra tani.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi). 2016. Deskripsi Varietas Kacang-kacangan dan Umbi-umbian. Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan. Malang.

Badan Pusat Statistik Republik Indonesia. 2015. Luas Panen Produktivitas Produksi Tanaman Kacang Tanah Seluruh Provinsi.

Kurniawan, R.M., Purnamawati, H., dan Wahyu, Y. 2017. Respon Pertumbuhan dan Produksi Kacang Tanah (Arachis hypogaea L.) terhadap Sistem Tanam Alur dan Pemberian Jenis Pupuk. Buletin Agronomi, Vol. 5, no. 3, hlm 342-350.

Mulyadi, 2016, Akuntansi Biaya, Edisi Kelima, UPP AMP YKPN- Akademi ManajemenPerusahaan YKPN, Yogyakarta.

Rahmianna, Agustina Asri, Herdina Pratiwi, dan Didik Harnowo. 2015. Budidaya Kacang Tanah. Malang: Balai Pertanian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 fachriza agustian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian

Fakultas Pertanian - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/atha
Email : Jurnal_atha@fp.uisu.ac.id

ATHA Jurnal Ilmu Pertanian is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License