Pengaruh Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Terhadap Minat Baca Di Sekolah Dasar

Harumi Siregar, Hafni Sari Nasution, Fitri Humairah, Anesia Octavia Purba, Lavenia Claudia Nainggolan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis literasi terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 060861 Medan dengan jumlah partisipan sebanyak 29 siswa sebagai partisipan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dengan teknik observasi langsung terhadap kegiatan literasi yang meliputi membaca teks, menjawab pertanyaan, dan menuliskan kembali isi bacaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa aktif terlibat dalam kegiatan literasi, yang mencerminkan peningkatan minat baca serta keterlibatan mereka selama proses pembelajaran. Siswa yang masuk dalam kategori aktif memperlihatkan antusiasme tinggi, respons cepat, serta konsistensi dalam mengikuti rangkaian kegiatan.Hasil ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran berbasis literasi memberikan kontribusi positif terhadap motivasi membaca dan kemampuan pemahaman siswa. Selain itu, penggunaan teks yang kontekstual, strategi interaktif, dan kegiatan menulis reflektif turut memperkaya pengalaman membaca siswa. Penelitian ini juga menekankan pentingnya dukungan guru dan penyediaan lingkungan membaca yang kondusif agar minat baca dan keterampilan literasi siswa dapat berkembang secara optimal. Disarankan pula agar praktik literasi diintegrasikan ke dalam berbagai mata pelajaran serta terus diinovasikan agar dapat menjaga semangat membaca siswa

Keywords


Pembelajaran literasi, minat baca, Bahasa Indonesia, sekolah dasar, keterlibatan siswa

Full Text:

PDF

References


Fitri, F., Supriyatno, T., & Yaqin, M. Z. N. (2022). Pengaruh Penerapan Literasi Berbasis Web terhadap Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Kelas V. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1173. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.828

Gomes, A. N., Istiningsih, S., & Nurwahidah, N. (2024). Literasi Membaca Dalam meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 497–502. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i2.8431

Hader, A. E., Ningsi, P., & Efendi, R. (2023). Pengaruh Program Literasi terhadap Minat Membaca pada Muatan Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 12 IX Koto. Jurnal Tunas Pendidikan, 6(1), 120–128.

Irfan Syahroni, M. (2022). Prosedur Penelitian Kuantitatif. EJurnal Al Musthafa, 2(3), 43–56. https://doi.org/10.62552/ejam.v2i3.50

Kris Jernih Puspita Ziliwu, Sapnia Wahyu Ramadani Damanik, Novi Wulandari, & Lerin Doloksaribu. (2024). Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(5), 139–143. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i5.940

Puspasari Dewi, R., Ramadhani, R., Amzi Rahayu, R., Media, A., Suriani, A., Hamka, J., Tawar, A., & Barat, S. (2025). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Universitas Negeri Padang, Indonesia. Katalis Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika, 2(2), 304–319. https://journal.lpkd.or.id/index.php/Katalis

Riyanti, A., & Rahmi, S. (2024). Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 210–226. https://doi.org/10.31943/bi.v9i1.598

Siregar, H. (2024). Penerapan Membaca Intensif dengan Kemampuan Menemukan Paragraf Deduktif dan Paragraf Induktif. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 748–756. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4828

Suriani, N., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Konsep Populasi dan Sampling Serta Pemilihan Partisipan Ditinjau Dari Penelitian Ilmiah Pendidikan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 24–36. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.55

Utami, N. P., & Yanti, P. G. (2022). Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8388–8394. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3825

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.11884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License