Hubungan Perilaku Bermain Game Online Dengan Agresivitas Pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Tahun 2025

Namora Lumongga Lubis, Ramona Dumasari Lubis, Gabriel Situmeang

Abstract


Permainan daring telah menjadi bagian dari gaya hidup baru bagi sebagian orang, baik di kalangan anak muda maupun mahasiswa. Saat ini, warung internet (warnet) sangat mudah ditemukan, baik di kota maupun di desa, dan sebagian besar menyediakan fasilitas untuk bermain permainan daring. Jumlah pengguna internet di Indonesia sangat tinggi, menurut survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada tahun 2022, penggunaan internet di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan, mencapai angka yang sangat tinggi yaitu 204,7 juta. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara perilaku permainan daring dengan agresivitas di kalangan mahasiswa di Sumatera Utara pada tahun 2025. Ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain potong lintang. Ukuran sampel untuk penelitian ini adalah 107 peserta, dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dalam bentuk Google Form dan dianalisis menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara frekuensi permainan daring dengan agresivitas di kalangan mahasiswa di Sumatera Utara dengan nilai p = 1.000. Terdapat hubungan antara durasi bermain game daring dan agresivitas dengan nilai p = 0,002. Tidak terdapat hubungan antara interaksi dalam bermain game daring dan agresivitas dengan nilai p = 0,123. Terdapat hubungan antara tingkat kecemasan dalam bermain game daring dan agresivitas dengan nilai p = 0,002. Dari penelitian ini, diharapkan mahasiswa dapat lebih bijaksana dalam mengelola waktu bermain game daring mereka untuk menghindari penggunaan yang berlebihan, karena durasi bermain game yang lama berkaitan dengan perilaku agresif

Keywords


bermain game daring, agresivitas, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2023). Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Motivasi Belajar Siswa. 8(7), 34–50.

Deng, X., Hu, Y. B., Liu, C. Y., Li, Q., Yang, N., Zhang, Q. Y., Liu, L., Qiu, J. N., Xu, H. Bin, Xue, L., Shi, Y. W., Wang, X. G., & Zhao, H. (2024). Psychological distress and aggression among adolescents with internet gaming disorder symptoms. Psychiatry Research, 331(April 2023). https://doi.org/10.1016/j.psychres.2023.115624

Fahrobi, A. (n.d.). HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME MOBILE LEGENDS DENGAN AGRESIVITAS VERBAL PADA SISWA DI SMP NEGERI “Y” KOTA JAMBI.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 211–219. https://doi.org/10.29210/127200

Hendrawati. (2017). HUBUNGAN FREKUENSI BERMAIN GAME ONLINE DENGAN PERILAKU AGRESIF PADA REMAJA KELAS XI IPA DAN XI IPS DI SMA MUHAMMADIYAH 7 YOGYAKARTA. Jurnal Akuntansi, 11.

Muhazir, R., Tahlil, T., & Syarif, H. (2023). Kecanduan Game Online dan Identitas Diri, Interaksi Sosial serta Perilaku Agresif Remaja. Jurnal Keperawatan Silampari, 6(2), 1621–1629. https://doi.org/10.31539/jks.v6i2.4982

Nisrina, S., Lestari, D. R., & Rachmawati, K. (2023). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Perilaku Agresif Remaja di SMP Negeri “X” Banjarbaru. Jurnal Keperawatan Jiwa, 11(2), 247–260.

Ratu, H. G. P., & Ambarwati, K. D. (2023). Agresivitas Pada Remaja Akhir Perempuan Pengguna Game Online Jenis Massively Multiplayer Online First Person Shooter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5, 1625–1633.

Rosari, O. F. (2022). Fakultas Psikologi, Universitas Semarang. PERBEDAAN AGRESIVITAS VERBAL PEMAIN GAME ONLINE DITINJAU DARI FREKUENSI BERMAIN DAN DURASI BERMAIN, 1(3), 1–5.

Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere, 1(1), 29. http://www.portaluniversitasquality.ac.id:5388/ojssystem/index.php/CURERE/article/view/20/22

Theresia, S., Blestina, M., & Agusalim. (2020). Hubungan Frekuensi , Lama dan Tingkat Keterikatan Game Online Dengan. Jurnal Keperawatan Tropis Papua, 03(01), 140–144.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License