Pengaruh Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA SMK Negeri 1 Hiliduho

Weni Yanti Harefa, Toroziduhu Waruwu, Hardikupatu Gulo, Desman Telaumbanua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMK Negeri 1 Hiliduho. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis Pre-eksperimental desain one-group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Hiliduho dengan jumlah 37 orang.Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling jenis purposive sampling, sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI OTKP berjumlah 23 orang. Instrument pengumpulan data yaitu tes terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 48.0435 dan posttest sebesar 86,7391. Analisis uji hipotesis diperoleh t-hitung > t-tabel yaitu 11,045 > 2,073 dengan taraf signifikan 0,05 maka Ha diterima Ho ditolak. Artinya terdapat pengaruh pemanfaatan aplikasi Canva dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SMK Negeri 1 Hiliduho

Keywords


Aplikasi Canva, Hasil Belajar, Pelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Agustina, Nani. 2017. “Mengukur Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Pada SMP Uswatun Hasanah Jakarta.” Paradigma 19(1): 61–68. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/paradigma/article/download/1540/1310.

Amalia, Galuh Rizki, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2020. “Efektivitas Model Problem Based Learning Berbasis Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 6(3): 424–31. doi:10.5281/zenodo.3977422.

Amiruddin, Amiruddin, Patrice Nelson Isaak Kalangi, and Vivanda OJ Modaso. "Analisis kapal perikanan pelaku illegal fishing yang ditangani Pangkalan Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Bitung." Jurnal Ilmu dan Teknologi Perikanan Tangkap 7.2 (2022): 110-116.

Andriani, Anisa, Ditami Ayu Saputri, Ria Hopipah, and Tiara Puspa Dewi. 2024. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN 63/X Nibung Putih.” Journal on Teacher Education 5(3): 215–22. doi:10.31004/jote.v5i3.23657.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, and Usep Setiawan. 2023. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.” Journal of Student Research 1(1): 282–94. doi:10.55606/jsr.v1i1.993.

Damayanti, Ayu. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.” SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 1(1): 99–108.

Darwis, Darwis, Dwi Atmono, Monry Frack Nicky Gillian Ratumbuysang, and Mahmudah Hasanah. 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MA Ibitidaussalam.” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE) 12(1): 85–91. doi:10.26740/jupe.v12n1.p85-91.

Dewilna Helmi, Dwi Partini, Asep Asep, and C. S. A. Barus. 2023. “Pengenalan Aplikasi Canva Sebagai Desain Media Pembelajaran Otomatis Bagi Guru Di SMAS Plus Tarang.” Jurnal Masyarakat Mengabdi Nusantara (JMMN) 2(2): 24–3.

Evi Anggraini, Lidya Nababan Aprilliana. 2019. “Pendidikan Berbasis Teknologi Informasi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang 03: 224–32.

Fahruddin, Alfian. 2023. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Desain Poster Sederhana Pada Kelas Xi Broadcasting Perfilman Smk Negeri 2 Kediri.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidkan 13(5): 1–40. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/54168.

Fika Aulia Putri, Jefriman Akmal, and Gusmaneli Gusmaneli. 2024. “Prinsip-Prinsip Dan Teori-Teori Belajar Dalam Pembelajaran.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 2(2): 332–49. doi:10.61132/jbpai.v2i2.279.

Gellysa Urva, Tri Yuliati, Tri Handayani, and Ari Sellyana. 2024. “Pengenalan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Sekolah Dasar.” ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1): 36–42. doi:10.52072/abdine.v4i1.799.

HANIFAH, NOOR. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia.” EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi 2(2): 226–33. doi:10.51878/edutech.v2i2.1339.

Harahap, Amin, Teguh Setiawan Wibowo, Joni Wilson Sitopu, Moh. Solehuddin, and Napsin Napsin. 2022. “Penggunaan Dan Manfaat Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Ditingkat Madrasah Tsanawiyah.” Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms) 8(2): 539–44. doi:10.36987/jpms.v8i2.3782.

Hardani, T. (2020). Pengaruh Komitmen Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (Ocb) Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan RSU. Sarila Husada Sragen di Unit Keperawatan). JAMASADA: JOURNAL OF HUMAN RESOURCE MANAGEMENT, 14(2).

Lubis, Afandi Husin Amin Syahrul, and Syaiful Bahri. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Melalui Model Project Based Learning Dengan Media Cisco Packet Tracer.” Indonesian Journal of Education And Computer Science 1(1): 8–15. doi:10.60076/indotech.v1i1.5.

Lumban Gaol, Bintang Kasih, Patri Janson Silaban, and Anton Sitepu. 2022. “Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Di Kelas V Sd.” JURNAL PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) 6(3): 767. doi:10.33578/pjr.v6i3.8538.

Maritsa, Ana, Unik Hanifah Salsabila, Muhammad Wafiq, Putri Rahma Anindya, and Muhammad Azhar Ma’shum. 2021. “Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian dan Kajian Sosial Keagamaan 18(2): 91–100. doi:10.46781/al-mutharahah.v18i2.303.

Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2): 95. doi:10.31800/jurnalkwangsan.v1i2.7.

Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21(2): 151–72. doi:10.21831/hum.v21i2.29252.

Nurfadhillah, Septy, Dwi Aulia Ningsih, Putri Rizky Ramadhania, and Umi Nur Sifa. 2021. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III.” PENSA : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial 3(2): 243–55..




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License