Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Elektrnonik (E-LKPD) Interaktif Berbasis Discovery Learning Pada Materi Sistem Ekskresi Fase F SMA/MA

Susi Susanti, Siska Nerita, Annika Maizeli

Abstract


Ketersediaan bahan ajar dan LKPD masih terbatas, karena dalam satu kelompok hanya tersedia satu buku, sementara LKPD yang digunakan belum memenuhi komponen pembelajaran secara lengkap dan belum tersedia dalam format elektronik. Penelitian ini bertujuan menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) elektronik interaktif berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi untuk siswa SMA/MA Fase F, sebagai solusi atas keterbatasan LKPD cetak dan minimnya integrasi media elektronik dalam pembelajaran. Metode penelitian menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun dibatasi hingga tahap Develop. Pada define bertujuan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan yang terdiri dari analisis ujung depan, peserta didik, tugas, konsep dan tujuan pembelajaran. Pada tahap design bertujuan untuk merancang media Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD). Pada tahap develop bertujuan dilakukan untuk uji validitas dengan pengisian angket oleh 2 orang dosen dan 1 guru biologi. Sedangkan angket praktikalitas diberikan kepada 1 guru biologi dan 36 siswa di SMAN 1 Kinali. Data dianalisis secara deskriptif melalui persentase. Hasil menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sebesar 91,78% (kategori sangat valid). Temuan ini menunjukkan bahwa LKPD elektronik interaktif berbasis discovery learning pada materi sistem ekskresi dinilai layak digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid

Keywords


LKPD Elektronik, Discovery Learning, Sistem Ekskresi

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sadun. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Edited by Anwar Halid, PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Marisya, Aulia, and Elfia Sukma. “Konsep Model Discovery Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar Menurut Pandangan Para Ahli.” Jurnal Pendidikan Tambusa, vol. 4, no. 3, 2020, p. 2191.

Muslimah H. N, dan Reni Ambarwati. “Pengembangan E-LKPD Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), vol. 12, no. 1, 2023, pp. 44–53.

Prastowo, A. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press, 2015.

Rahmi, Rahmi, and S. Syamsurizal. “Meta-Analisis Validitas Booklet Materi Ekosistem Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA.” BIOCHEPHY: Journal of Science Education, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 51–57, https://doi.org/10.52562/biochephy.v1i2.255.

Ratnasari, Khurin In. “Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika.” Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 100–09, https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166.

Safitri, R. Biologi Untuk SMA/MA XI. Edited by Riswanti, Revisi 2016, Mediatama, 2016.

Salsabila, Widya Safitri Es, and Endang Susantini. “Validitas E-LKPD Interaktif Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Melatihkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas X SMA.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), vol. 11, no. 3, 2022, pp. 735–44, https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n3.p735-744




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License