Analisis Pemahaman Siswa SD Terhadap Materi FPB Dan KPK Di SD Negeri 066429 Medan Marelan

Amelya Cantika, Umi Kalsum, Putri Pratiwi, Vicky Robianto Aritonang, Weni Widya Asriati, Nur Tri Julia

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis Tingkat pemahaman siswa terhadap materi kelipatan Persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dikelas IV-A SD Negeri 066429 Medan Marelan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman siswa terhadap materi KPK dan FPB masih tergolong rendah dan banyak siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan metode pohon faktor, serta belum memahami konsep dasar seperti bilangan prima, kelipatan dan faktor. Faktor penyebabnya meliputi pendekatan pembelajaran yang kurang variativ dan minimnya pengulangan serta penerapan soal kontekstual. Penelitian ini merekomendasikan pendekatan pembelajaran tambahan lebih konteks dan interaktif karena siswa mudah mengetahui materi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi refrensi dan bahan evaluasi bagi guru dalam merancang metode pembelajaran yang lebih efisien yang membantu siswa memahami matematika dengan lebih baik

Keywords


Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis Tingkat pemahaman siswa terhadap materi kelipatan Persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB) dikelas IV-A SD Negeri 066429 Medan Marelan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desk

Full Text:

PDF

References


Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Izzah, Z. N., Humairah, H., & Kharisma, A. I. (2024). Analisis Penyebab Kurangnya Kemampuan Berhitung pada Materi KPK dan FPB Siswa Kelas V SDN Canditunggal. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(1), 167–177. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i1.505

Nurhayati, H., & , Langlang Handayani, N. W. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu,. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Penelitian, A., & Bilangan, T. (2024). 2 * 1,2. 7(1), 74–81.

Ray, S., Das, J., Pande, R., & Nithya, A. (2024). Swati Ray 1 , Joyati Das 2* , Ranjana Pande 3 , and A. Nithya 2. 10, 195–222. https://doi.org/10.1201/9781032622408-13

Sihotang, W. S., Tanjung, D. S., Simarmata, E. J., & Lumban, R. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS VI DI SD BUDI MULIA BINJOHARA KECAMATAN MANDUAMAS TAHUN PEMBELAJARAN 2024 / 2025. 1, 33–44.

Tesi Kumalasari, Imelda Wardani Rambe, Nur Tri Julia, & Weni Widya Asriati. (2023). Pelatihan Penggunaan Program Autograph Dalam Pembelajaran Matematika. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 621–628. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i3.6306

Unaenah, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi FPB Dan KPK Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan SEROJA, 2(Mi), 1–19.

Unaenah, E., Melyana, A., & Ummah, S. A. (2023). Analisis Pembelajaran KPK dan FPB Kelas 4 SD. Anwarul, 3(6), 1101–1107. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i6.1600

Universitas, F., & Cendana, N. (2021). Cerita Pada Materi Fpb Dan Kpk. 2(2), 29–42.

Widiastuti, N. L. G. K. (2021). E-Modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 435. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.37974.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v8i2.12280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License