Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create and Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis

Devi Amalia, Budianto Budianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Search, Solve, Create, And Share
Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Virus Di SMA Al-Masdar Batang Kuis. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2017. Penelitian ini menggunakan Metode
Eksperimen Semu (Quasi experiment) populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA
Al-Masdar Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 siswa yang kemudian dijadikan
sampel sebanyak 35 siswa dari kelas X-IPA-1 dengan pengambilan sampel secara acak (Random
Sampling). Data yang dianalisis dalam peneltian ini adalah berupa test yaitu pre test dan post test
pada materi Virus. Nilai rata-rata pre test sebelum diterapkan model Search, Solve, Create, And
Share adalah 42,95 dan standart deviasi 8,21seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan
nilai rata-rata post test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 67,61 dan standart deviasi
8,59. Berdasarkan nilai KKM 75,00 sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa (79%) tidak
tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 14,519 sedangkan nilai ttabel = 1,694
sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Search, Solve, Create, And Share
Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Virus Di SMA Al-Masdar Batang Kuis.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:

Rineka Cipta

Ahmadi, Abu. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Anshori, Moch dan Joko Martono. 2013. Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) -

Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta

Amalia D, Budianto : Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create, and Share Terhadap

Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis

Biologi wordpress: Model Pembelajaran SSCS. Diambil dari https://biologi21.

wordpress.com/2010/10/12/model-pembelajaran-sscs/ diakses tgl 20 Maret 2017

pukul 19.00

Chin, Christine. 2010. Promoting Higher Cognitive Learning In Science Through A

Problem-Solving Approach. Singapore: National Institute of Education, REACT))

Hewindati, Yuni Tri. 2004. Pemahaman Murid Sekolah Dasar terhadap Konsep IPA.

Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka

Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif. Jurnal Pendidikan dan

Kebudayaan No. 044, Tahun ke-9, September 2003

Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai

Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Johan, Henny. 2012. Pengaruh Search, Solve, Create and Share (SSCS) Problem Solving

untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam Merumuskan dan Memilih

Kriteria Pemecahan Masalah pada Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Exacta, Vol. X,

Julie, A. Luft. 2013. Teachers’ Salient Beliefs about a Problem - Solving Demonstration

Classroom In - Service Program (Department of Teaching and Teacher Education,

College of Education, University of Arizona) dalam http://www.google.com

Kartono, Kartini. 2003. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta:

Rajawali

Koster, Wayan. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa

SLTPN di Jakarta. Jakarta: Mimbar Pendidikan

Kusmawan, Udan. 2013. Values Infusion Into Scientific Actions In Environmental

Learning: A Preliminary Research Report (Australia: The University of Newcastle,

Mudzakir, Ahmad. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi

dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.

Bandung: Yrama Widya

Popham, W. James dan Eval L. Baker Penerjemah T. Amirul Hadi. 2001. Teknik Mengajar

secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Amalia D, Budianto : Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create, and Share Terhadap

Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis

Rifa’i, Veithzal. 2003. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat

Spama Survei di Diklat Depkes (2000). Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,

No. 40 Tahun ke-9, Januari 2003

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokrasi. Jakarta: Prenada Media

Rusyan, Tabrani. 2002. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algesindo

Sardiman, AM. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo

Persada

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Subana, M. 2010. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, Nana. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito

Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Saodih. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Syah, Mulyadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Tim Kashiko. 2002. Kamus Lengkap Biologi. Surabaya: Kashiko

Tim Penulis PEKERTI Bidang MIPA. 2001. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat

Pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Jakarta PAU, PPAI Universitas Terbuka

Utami, Runtut Prih. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share

(SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) terhadap Prestasi Belajar dan

Kreativitas Siswa. Bioedukasi Vol. 4, 2014

Wahyudi. 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal

Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 8 No. 036, Mei 2002

Yusmaidah. 2000. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Peta.

Majalah Pelangi Pendidikan

Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.

Bandung: Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i1.1778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License