Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create and Share Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Search, Solve, Create, And Share
Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Virus Di SMA Al-Masdar Batang Kuis. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Agustus – September 2017. Penelitian ini menggunakan Metode
Eksperimen Semu (Quasi experiment) populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas X SMA
Al-Masdar Tahun Pembelajaran 2017/2018 yang berjumlah 105 siswa yang kemudian dijadikan
sampel sebanyak 35 siswa dari kelas X-IPA-1 dengan pengambilan sampel secara acak (Random
Sampling). Data yang dianalisis dalam peneltian ini adalah berupa test yaitu pre test dan post test
pada materi Virus. Nilai rata-rata pre test sebelum diterapkan model Search, Solve, Create, And
Share adalah 42,95 dan standart deviasi 8,21seluruh siswa dinyatakan tidak tuntas (100%). Dan
nilai rata-rata post test yang diperoleh setelah model diterapkan adalah 67,61 dan standart deviasi
8,59. Berdasarkan nilai KKM 75,00 sebanyak 7 siswa (21%) yang tuntas dan 26 siswa (79%) tidak
tuntas. Berdasarkan uji hipotesis didapat nilai thitung = 14,519 sedangkan nilai ttabel = 1,694
sehingga thitung > ttabel, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak, dan dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Search, Solve, Create, And Share
Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Virus Di SMA Al-Masdar Batang Kuis.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta:
Rineka Cipta
Ahmadi, Abu. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Anshori, Moch dan Joko Martono. 2013. Biologi untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) -
Madrasah Aliyah (MA). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta
Amalia D, Budianto : Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create, and Share Terhadap
Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis
Biologi wordpress: Model Pembelajaran SSCS. Diambil dari https://biologi21.
wordpress.com/2010/10/12/model-pembelajaran-sscs/ diakses tgl 20 Maret 2017
pukul 19.00
Chin, Christine. 2010. Promoting Higher Cognitive Learning In Science Through A
Problem-Solving Approach. Singapore: National Institute of Education, REACT))
Hewindati, Yuni Tri. 2004. Pemahaman Murid Sekolah Dasar terhadap Konsep IPA.
Jakarta: Lembaga Pendidikan Universitas Terbuka
Ibrahim, Nurdin. 2003. Pemanfaatan Tutorial Audio Interaktif. Jurnal Pendidikan dan
Kebudayaan No. 044, Tahun ke-9, September 2003
Jauhari, Mohammad. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai
Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher
Johan, Henny. 2012. Pengaruh Search, Solve, Create and Share (SSCS) Problem Solving
untuk meningkatkan kemampuan Mahasiswa dalam Merumuskan dan Memilih
Kriteria Pemecahan Masalah pada Konsep Listrik Dinamis. Jurnal Exacta, Vol. X,
Julie, A. Luft. 2013. Teachers’ Salient Beliefs about a Problem - Solving Demonstration
Classroom In - Service Program (Department of Teaching and Teacher Education,
College of Education, University of Arizona) dalam http://www.google.com
Kartono, Kartini. 2003. Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi. Jakarta:
Rajawali
Koster, Wayan. 2000. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa
SLTPN di Jakarta. Jakarta: Mimbar Pendidikan
Kusmawan, Udan. 2013. Values Infusion Into Scientific Actions In Environmental
Learning: A Preliminary Research Report (Australia: The University of Newcastle,
Mudzakir, Ahmad. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Mulyasa, E. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, Implementasi
dan Inovasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.
Bandung: Yrama Widya
Popham, W. James dan Eval L. Baker Penerjemah T. Amirul Hadi. 2001. Teknik Mengajar
secara Sistematis. Jakarta: Rineka Cipta
Purwanto, M. Ngalim. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Amalia D, Budianto : Pengaruh Penggunaan Model Search, Solve, Create, and Share Terhadap
Hasil Belajar Biologi Materi Virus Siswa Kelas X SMA AL-Masdar Batang Kuis
Rifa’i, Veithzal. 2003. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Kepemimpinan Peserta Diklat
Spama Survei di Diklat Depkes (2000). Jakarta: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,
No. 40 Tahun ke-9, Januari 2003
Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Demokrasi. Jakarta: Prenada Media
Rusyan, Tabrani. 2002. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru
Algesindo
Sardiman, AM. 2004. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Subana, M. 2010. Statistik Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2000. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito
Sudjana. 2010. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, Nana Saodih. 2003. Landasan Psikologis Proses Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Syah, Muhibbin. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Syah, Mulyadi. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Tim Kashiko. 2002. Kamus Lengkap Biologi. Surabaya: Kashiko
Tim Penulis PEKERTI Bidang MIPA. 2001. Hakikat Pembelajaran MIPA dan Kiat
Pembelajaran Biologi di Perguruan Tinggi. Jakarta PAU, PPAI Universitas Terbuka
Utami, Runtut Prih. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share
(SSCS) dan Problem Based Instruction (PBI) terhadap Prestasi Belajar dan
Kreativitas Siswa. Bioedukasi Vol. 4, 2014
Wahyudi. 2002. Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal
Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 8 No. 036, Mei 2002
Yusmaidah. 2000. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Peta.
Majalah Pelangi Pendidikan
Nurhayati, Nunung. 2009. 1700 Bank Soal Bimbingan Pemantapan Biologi SMA.
Bandung: Yrama Widya.
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v2i1.1778
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan