Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Menggunakan Mind Mapping Pada Materi Ekosistem di Kelas X SMA Negeri 2 Bandar Perdangan Tahun Pelajaran 2017/2018

Dian Perayanti Sinaga, Irwan Lihardo Hulu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon di kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah siswa 150 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-1 (kelas eksperimen A) dan kelas X-3 (kelas eksperimen B) masing-masing 30 siswa. Analisis data untuk menentukan nilai rata-rata, standar deviasi, hipotesis dibuktikan dengan menggunakan tes pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen A adalah 83,32, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen B adalah 79,54. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t untuk data eksperimen kelas eksperimen A dan kelas eksperimen B diperoleh ttabel 3,98> thitung 2,00 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran model Cooperative Script learning menggunakan materi ekosistem Mind Mapping maon pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematang Bandar tahun 2017/2018.

Keywords


Hasil belajar, Model Pembelajaran Naskah Kooperatif, Pemetaan Pikiran

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, (2013), Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arikunto Suharsimi, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail, Arif. (2008), Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sagala Syaiful, (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sudjana Nana, (2005). Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slavin. Robert E, (2009), Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Suprijono, (2011). Model-model Pembelajaran, Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i1.2492

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License