Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Anak

Rizky Nafaida, Nurmasyitah ,, Nursamsu ,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan gadget terhadap perkembangan karakter anak. metode penelitian adalah yang digunakan dalam penelitian berupa metode deskriptif. Pengumpulan data dilkasanakan mengunakan observasi dan angket sedangkan pada analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian dinyakan dengan nilai 76,80% dinyatakan baik karakter religius, karakter peduli sosial dengan nilai  73,87% dinyatakan baik, karakter disiplin dinyatakan baik dengan nilai 67,73%, sedangkan karakter tanggung jawab dengan nilai 76,53% dinyatakan baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan gadget terdapat dampak positif dan negatif bagi anak

Keywords


Gadget, Dampak, Karakter

Full Text:

PDF

References


Ameliola Conference On Indonesian Studies Ethnicity and Globalization “Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi”, Fakultas Pertanian. UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG.Syifa, Hanggara Dwiyudha Nugraha, 2010. Penelitian Prosiding The 5 International.

Ameliola, S., Nugraha, D. . (2013). Perkembangan Media Informasi Dan Teknologi Terhadap Anak Dalam Era Globalisasi. Universitas Brawijaya. Diakses pada tanggal 20 Juni 2020 dari Http://Icssis.Files.Wordpress.Com/2 013/09/2013-02- 29.Pdf.

Arif, Rifda Mardian. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sains. Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, Vol. 2 No 1, Tahun 2017, Hlm. 135- 150.

Chusna, P. A. (2017). Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak. Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 17(2), 315–330. Diakses pada tanggal 25 Juni 2020 dari Https://Doi.Org/10.21274/Dinamika/2017.17.2.315-330.

Fathoni, A. R. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Diakses pada tanggal 27 Juni 2020 dari Http://Www.Artikelcakep.Top/2017/10/PengaruhgadgetTerhadapPerkembangananak- Artikelcakep.Html.

Hurlock, E. B. (2016). Psikologi Perkembangan (Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan) (5th Ed). Erlangga.

Habibi, M., Chandra, C., Mahyuddin, R., & Hendri, S. (2018). Validity of Teaching Materials for Writing Poetry Based on Creative Techniques in Elementary Schools. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 145–154. ttps://doi.org/10.17509/mimbar- sd. v5i3.14501.

Kurniawan, S. (2014). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Trinika Yulia, (2015). Skripsi “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak”, Fakultas Kedokteran. UNIVERSITAS TANJUNGPURA




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.2807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License