Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Islam di Kelas IV SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung Pada Semester 1 TP.2019/2020

Sri Wahyuningsih

Abstract


Sri Wahyuningsih,S.Pd.I,NIP:19650522 198604 2 002,Guru Pendidikan Agama Islam di SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung:”Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Agama Islam Di Kelas IV SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung Pada Semester 1 T.P.2019/2020”. Penelitian ini bertujuan untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pembelajaran Agama Islam Di Kelas IV SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung dengan model pembelajaran Group Investigation. Dengan Penelitian Tindakan Kelas ini, diharapkan terjadi perbaikan dan peningkatan hasil pembelajaran sebagai berikut : 1.Bagi siswa ; mereka lebih tertarik mempelajari Agama Islam. 2. Bagi guru ; dapat memacu kreativitas dalam menemukan berbagai metode dan model pembelajaran yang lebih efektif. 3. Bagi sekolah ; dapat mempengaruhi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah ini. Prosedur penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus dengan 4 (empat) tahapan yaitu: 1).Planning/ Perencanaan; 2).Acting/ Tindakan; 3).Observing/ Pengamatan; 4).Reflekting/ Refleksi. Hal-hal yang belum memuaskan akan direfleksikan sebagai bahan perbaikan pengajaran pada siklus berikutnya. Hasil penelitian: 1. Penerapan Metode Group Investigation menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa dalam Pembelajaran Agama Islam Di Kelas IV SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung hal ini terbukti dalam penelitian ini bahwa pada siklus II 86,67% dari siswa yang menjadi subjek penelitian tuntas belajar dengan nilai rata-rata 74,67. 2. Penerapan Metode Group Investigation menunjukkan peningkatan aktivitas belajar siswa dalam Pembelajaran Agama Islam Di Kelas IV SDN 064969 Kecamatan Medan Tembung hal ini terbukti dalam penelitian ini bahwa siswa aktif belajar dalam kelompok, hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar kelompok dari rata-rata nilai 57 pada siklus I menjadi 87 pada siklus II

Keywords


Model Pembelajaran, Group Investigation, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, Mulyono. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad Azhar , Prof. Dr. M.A. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta : P.T. Raya Grafindo Persada.

Arends, R. I. 1998. Classroom Instruction and Management. New York: McGraw-Hill. Copyright www.m-edukasi.web.id Media Pendidikan Indonesia

Arikunto,Sumarsimi. 1993 ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta: Bumi Aksara.

Branson. 1998. The Role of Civic Educatin. Calabassas: CCE.

Bloom, Benjamin S. 1982. Human Characteristics and School Learnin. New York: McGraw-Hill Book Company.

Dahar, R.W. 1991. ”Teori-teori Belajar”. Jakarta: Erlangga.

Dimyati, Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Kegiatan Belajar Mengajar yang Efektif. PUSKUR Depdiknas. Jakarta.

Gagne R.M. dan Brigss, L.J. 1975. Principle of Instructional Design. New York: Holt, Reinehart and Winston.

Harrow, Anita J. 1977. A taxonomy of The Psichomotor Domain. New York: david Mc Kay Company Inc.

Slavin. 1995. Cooperative Learning Theory, Research and Practice. Second Edition, Massachusetts: Ally and Bacon Publishers.

Sharan Y & Sharan S. 1992. Expanding Coperative Learning Through Group Investigation. New York : Teachers Collage Press.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta : Sinar Grafika




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License