Pengaruh Kualitas Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) Terhadap Tata Kelola Administrasi

Maximilianus Dasril Samura, Novrika Silalahi

Abstract


Puskesmas sering mengalami keterlambatan dalam pengiriman laporan bulanan Sistem Pencatatan dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) oleh petugas Puskesmas. Hal ini disebabkan karena kurangnya peran faktor internal Puskesmas dalam hal ketersediaan data, SDM (Sumber Daya Manusia) serta peralatan dalam upaya mencapai kelengkapan dokumen SP2TP di Puskesmas. Bahkan tidak jarang juga koordinator di Puskesmas ikut serta dalam menginput data, padahal tugasnya mengkoordinir anggotanya untuk dapat melakukan pelaporan dengan baik. Banyak puskesmas telah memiliki komputer tetapi tidak digunakan dalam pengerjaan untuk laporan SP2TP, karena sudah terbiasa dengan cara manual yaitu mencatat setiap laporan kedalam buku laporan bulanan. Padahal informasi atau laporan haruslah mempunyai kualitas yang relevan, tepat waktu dan efisien agar dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan sebagai dasar pengambilan keputusan, sehingga kemungkinan tidak terjadi kesalahan baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh sistem pencatatan dan pelaporan terpadu Puskesmas (SP2TP) terhadap tata kelola administrasi di wilayah kerja Puskesmas Biru- biru Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang bersifat explanatory dengan menggunakan pendekatan cross sectional yaitu penelitian yang akan menggali, menganalisa dan menjelaskan tentang kualitas sistem pencatatan dan pelaporan terpadu terhadap tata kelola administrasi di wilayah kerja Puskesmas Biru-biru Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Dalam pengumpulan data, data diperoleh dari seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Biru-biru melalui wawancara langsung dengan menggunakan instrumen (kuesioner) dan observasi mendalam, maupun dari catatan Puskesmas Biru-biru. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa kualitas SDM, kehandalan dan daya tanggap dalam melaksanakan SP2TP berpengaruh terhadap tata kelola di Puskesmas Sibiru-biru. Sedangkan faktor pendanaan tidak berpengaruh terhadap tata Kelola administrasi

Keywords


Sistem, Pencatatan, Pelaporan, Puskesmas, Tata kelola

Full Text:

PDF

References


Akuntabel Y, Bumd D, Milik B, Bina D, Daerah K, Negeri KD. Disampaikan Oleh : 2018.

Choyriati. Pencatatan dan Pelaporan KB,. 2016. http://lailychoyriati.blogspot.co.id.

Herawati S, Purnomo M. Rancang bangun sistem informasi pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas. Multitek Indones. 2016;Vol 10(No 1):39-47.

KEPMENKES_1075_2003.pdf.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku. 2010:184.

Prof.-Dr.-Sugiyono-Metode-Penelitian-Kuantitatif-Kualitatif-Dan-Rd.-Intro.Pdf.

Puspita SJ. Kajian Sistem Pencatatan Dan Pelaporan Terpadu Puskesmas (SP2TP) Wilayah Kerja Puskesmas Umbulsari Kabupaten Jember Tahun 2013. 2013;2013.

Reza B. ( SP2TP ) DENGAN EXTREME PROGRAMMING PADA KABUPATEN BREBES. 2012;VII(01):34-50.

Sari IR. Program Kesehatan Ibu Dan Anak Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus. Sist Inf PENCATATAN DAN PELAPORAN PUSKESMAS Progr Kesehat IBU DAN ANAK PADA DINAS Kesehat KABUPATEN KUDUS Intan. 2016;7(1):251-256.

Suwarsi Y. Analisis Fleksibilitas Pengelolaan Keuangan Pada Puskesmas Badan Layanan Umum Daerah (Kasus Dua Puskesmas di Kabupaten Banjar). Focus (Madison). 2018;8(1):163-194. https://msap-unlam.ac.id/download/jurnal_focus/05- Yulianti-Suwarsi-ok.pdf.

Tuwongkesong F, Mandagi CKF, Kesehatan F, Universitas M, Ratulangi S. Sistem pencatatan dan pelaporan terpadu puskesmas ( SP2TP ) merupakan kegiatan dan pelaporan data umum , sarana , tenaga dan upaya pelayanan Kesehatan di masyarakat ( SK Menkes No kebijakan kesehatan tidak berdasarkan data yang akurat ( Kemenkes RI , 2011. 2016:1-8.

WHO. (2008). Framework and Standards for Country Health Information Systems. World Health.

Widaningtyas E. Kesiapan Tata Kelola Puskesmas Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (Blud). J Manaj Inf Kesehat Indones. 2018;6(1):20. doi:10.33560/.v6i1.180

Widianto KP, Trisnantoro L, Padmawati RS. ( PPK-BLU ) PADA PROGRAM KESEHATAN JIWA MASYARAKAT PUSKESMAS DI KABUPATEN SLEMAN, APPLICATION OF FINANCIAL MANAGEMENT OF PUBLIC SERVICES AGENCY ( PPK-BLU ) IN, Sejak dikeluarkannya Keputusan Menteri Dalam Negeri No . 61 / 2007 tentang Pedoman Teknis Pe- Tek. 2015;04(02):44-49




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v3i2.3278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License