Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bahasa Inggris Topik “Be Healthy, Be Happy” Pada Peserta Didik Kelas IX di SMP N 7 Kota Mataram Melalui Pendekatan Saintifik

Suherni ,

Abstract


Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan kegiatan pembelajaran Bahasa Inggris sehingga perlu pemahaman atas semua faktor yang ada agar tujuan pendidikan yang terangkum dalam hasil belajar peserta didik dapat dicapai sesuai dengan yang diharapkan. Kurangnya motivasi belajar peserta didik dilatar belakangi oleh keberadaan bahasa Inggris yang berfungsi sebagai bahasa asing dan bukan bahasa kedua. Keberadaan Bahasa Inggris sebagai bahasa asing membuat bahasa itu betul-betul asing bagi peserta didik, dan kurangnya dukungan dari kondisi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris Topik  Be healthy, be happy di Kelas 9 SMP N 7 Kota Mataram. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan saintifik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Bahasa Inggris Topik  Be healthy, be happy di Kelas 9 SMP N 7 Kota Mataram. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran (pendekatan) saintifik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Bahasa Inggris Topik  Be healthy, be happy di Kelas 9 SMP N 7 Kota Mataram

Keywords


Bahasa Inggris, Kelas 9 SMP Mataram, Pendekatan Saintifik

Full Text:

PDF

References


Ahmadiyanto. 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta didik Menggunakan Media Pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) Berbasis Word Square Pada Materi Kedaulatan Rakyat Dan Sistem Pemerintahan Di Indonesia Kelas VIII C SMP Negeri 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 6 (2): 980-993.

Arikunto, S 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hendri, J. 2015. Peningkatan Aktivitas Belajar Peserta didik Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Di Sekolah Dasar. Artikel Penelitian. Pontianak: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjungpura.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 65 tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sulistyowati, W. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Berbicara Teks Prosedur Melalui Metode Presentasi Power Point Mata Pelajaran Bahasa Inggris Pada Peserta Didik Kelas IX G Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018 SMP Negeri 1 Tugu. BRIGHT: A Journal of English Language Teaching, Linguistics and Literature 2 (1): 79-100.

Zulkarnaini, E. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Spikpu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Peserta didik Kelas IX-3 SMP Negeri 29 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2015/2016. Suara Guru: Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora 1 (1): 1-13




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License