PENERAPAN PHET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMPS PTPN IV BUKIT LIMA SELAMA DARING

Dea Shifa Fauzia, Ardia Cahyaning Heryanti, Ayu Diah Wardhani Limbong, Feby Yona Br Perangin – Angin, Heny Nurul Mufitdah, Rizky Mauli Dini Sitorus, Nina Febrina Ginting, Thalita Ardelia, Vebrina Adnin

Abstract


Kondisi pandemi saat ini yang memaksa proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung secara daring telah menurunkan minat belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui skenario penerapan media pembelajaran menggunakan laboratorium virtual (PhET) dan untuk mengetahui peningkatan minat belajar IPA setelah penerapan media pembelajaran menggunakan laboratorium virtual (PhET) pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya dalam pembelajaran daring di Kelas VII.Penelitian ini dilaksanakan secara offline sesuai protokol kesehatan pada siswa SMPS PTPN IV Bukit Lima dengan mengobservasi dan meneliti secara langsung di sekolah yang dilaksanakan di Tahun 2021.Penelitian ini ditujukan kepada siswa jenjang SMP kelas VII untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran berupa Laboratorium virtual (PhET).Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau sering disebut dengan istilah dalam bahasa Inggris Classroom Action Research.Dari hasil survey dilakukan kegiatan perbaikan pembelajaran dilaksanakan sebanyak dua siklus. Temuan dari hasil penelitian siklus I sebanyak 5 orang tuntas yang hanya mencapai 23,8% dan sebanyak 16 orang yang tidak tuntas (Kriteria Belajar Minimum/KBM = 75) yang mencapai 76,19%, hal ini tidak berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan dalam mencapai ketuntasan klasikal yang ditentukan oleh kemendikbud.. Sedangkan pada siklus II sebanyak 18 orang tuntas mencapai sekitar 85,71% dan sebanyak 3 orang tidak tuntas. Temuan pada penelitian siklus II telah tuntas secara klasikal dengan menerapkan media laboratorium virtual lab (PheT), dengan pembelajaran secara langsung menggunakan media tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Minat Belajar; Laboratorium Virtual; Penelitian Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Adam. Steffi dan Muhammad Taufik Syastra. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam. CBIS Journal.3(2):79.

Adams,W.K.,dkk.(2008). A study of educational simulations part II-interface design. Journal of Interactive Learning Research. 19(4): 551.

Gie, The Liang (2014), Cara belajar yang efektif, Cet. I; Yogyakarta PUBIB. Hamdani,

. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan MIPA. 1(1):480-483.

Herlandy,B.P.,dkk. (2018). Pelatihan Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas dan Teknik Publikasi Jurnal Ilmiah Bagi Guru SMK Negeri 1 Rengat. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI. 2(1):38-42.

Hopkins, D. (1993). A Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadhelpia: Open University Press. Ni’mah,Z.A. (2017). Urgensi Penelitian Tindakan Kelas Bagi Peningkatan Profesionalitas Guru antara Cita dan Fakta. Realita. 15(2):1-22.

Nur, M. H. R. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika yang Bersinergi dengan Media Lab. Virtual PhET pada Materi Sub Pokok Bahasan Fluida Bergerak di MAN 2 Gresik. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. 2(3):162-166.

Prihatiningtyas, S.,dkk. (2013). Imlementasi Simulasi PhET dan Kit Sederhana untuk Mengajarkan Keterampilan Psikomotor Siswa pada Pokok Bahasan Alat Optik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Purwono. Joni, dkk. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama Negeri1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.2(2): 127.

The PhET Team. (2015). PhET (Intective Simulations). (Online): http://www. PhET.colorado.edu/in/. diakses 13 Maret 2021).

Zahara,R.S.,dkk. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Komputer Berbasis Simulasi Physics Education Technology (PhET) terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 3(1):51-258.

Zainudin. (2017). Pengembangan E-Learning Fisika Menggunakan PhET (Physics Educational Technology) pada Materi Pokok Dinamika Gerak Lurus berbasis Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pena Sains, 4(1):22-33.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i1.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License