Pengembangan Model Mind Mapping Dengan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Sistem Reproduksi Siswa SMA AL-Wasliyah Tanjung Morawa

Desi Irawan, Budianto ,, Zul Aida

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan awal siswa, data hasil belajar siswa serta pengembangan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Mind Mapping dengan Media Gambar pada materi Sistem Reproduksi di kelas XI MIPA SMA Al-Washliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-MIPA SMA Al-Washliyah Tanjung Morawa yang terdiri dari 122 orang siswa dan tersebar dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, sehingga diperoleh kelas XI-MIPA 3. Nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Mapping adalah 76,5 dengan simpangan baku 8,57. Nilai KKM yang telah ditetapkan sekolah tersebut adalah 77,00. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh nilai thitung > ttabel = 8,48 > 1,696 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan pengembangan model Mind Mapping dengan media gambar terhadap hasil belajar biologi materi Sistem Reproduksi siswa SMA Al-Washliyah Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model Mind Mapping dengan Media Gambar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pengembangan hasil belajar siswa

Keywords


Model Pembelajaran, Mind Mapping, Media Gambar, Hasil Belajar, Sistem Reproduksi

Full Text:

PDF

References


Anastasia Diana, Lilis Setiawati. 2011. Sistem Informasi Akuntansi, Perancangan,

Prosedur dan Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Biologi SMA kelas XI, Yusa.dkk, Grafindo, Bandung 2016

Buzan.2012. Buku Pintar Mind Mapping. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Buzan.2013. Mind Map: Untuk meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia

Pustaka Utama.

Dirman, dan Juarsih. (2014). Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. (2010).Proses Belajar Mengajar.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Istarani. 2011.58 Model Pembelajaran Aktif.Medan : Media persada

Kurniasih, I. (2016). Ragam Pengembngan Model Pembelajaran. Yogyakarta

Mahmuddin.2009.Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Maurizal Alamsyah. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Min

Mapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar

Muhibbin Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta : PT Raja Grafindo.

Mudjiono, Dimayati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Olivia, F. 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Permendiknas No 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Pendidikan

Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Slameto. 2003. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:

Rineka Cipta.

Sugihartono, ddk (2007) Pisikologi Pendidikan, Yogyakarta : UNY Press

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar,Jakarta: Rineka Cipta.

Yusa. dkk, 2016. Biologi SMA Kelas XI. Bandung : Grafindo




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License