PENGARUH PERENDAMAN EKSTRAK DAUN KETAPANG TERHADAP MUTASI WARNA IKAN CUPANG (Betta spp.)

Asthervina Widyastami Puspitasari, Abimanyu Bayu Saputra, Fresty Esmi Samber, Adita Ramadanti, Hadi Nur Rohman, Diana Arfiati, Nur Maulida Safitri

Abstract


Warna pada ikan cupang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta ikan hias. Selain sebagai antibakteri, daun ketapang diketahui memiliki manfaat dalam mempercepat kemunculan warna pada ikan cupang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mutasi warna pada ikan cupang yang direndam dalam ekstrak daun ketapang. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok perlakuan, yaitu ikan cupang dengan perendaman air tawar (kontrol), dan ikan cupang dengan perendaman ekstrak daun ketapang, dengan pengulangan masing-masing kelompok sebanyak tiga kali, ikan cupang yang digunakan dalam penelitian ini adalah ikan cupang berusia 4 bulan yang berasal dari indukan dan kelompok breeding yang sama dan belum mengeluarkan corak warna pada tubuhnya. Penelitian ini dilakukan mulai bulan 4 Mei hingga 25 Mei 2021 di Laboratorium Nutrisi/Pakan Alami Politeknik Kelautan dan Perikanan Sorong. Pada kelompok kontrol, tidak ditemukan adanya perubahan atau mutasi warna pada ikan cupang; sedangkan pada perlakuan cahaya terang menunjukkan adanya mutasi warna dan pola yang terdapat pada tubuh ikan cupang. Daun ketapang terbukti mampu membantu pengeluaran warna pada ikan cupang.


Keywords


Daun Ketapang, Ikan cupang, Mutasi Warna

Full Text:

PDF

References


Aisyah, A., Putri, K. A., Suriani, S., & Iswadi, I. 2017. Pengaruh kandungan senyawa pada ekstrak daun ketapang n-heksan, etil asetat, metanol dan campuran terhadap nilai efisiensi dye sensitized solar cell (DSSC). Al-Kimia, 5(2), 170-180.

Alegore, F. 2017. “Pemanfaatan Ekstrak Daun Keapang (Terminalia catappa) sebagai Herbisida Alami Terhadap Pertumbuhan Gulma Rumput Teki (Cyperus rotundus) [Skripsi]”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Arman. 2001. Mempersipakan Cupang Hias Untuk Kontes. Jakarta : Agro Media Pustaka

Atmadjaja, J & Sitanggang, M. 2008. Panduan Lengkap Budidaya dan Perawatan Cupang Hias. Jakarta : Agromedia

Gouveia, L., P. Rema, O. Pereira and J. Empis. 2003. Colouring ornamental fish (Cyprinus carpio and Carassius auratus) with micro-algal biomass, Aquaculture Nutrition, 9(1): 123-129.

Hartimi, P., Asyaf dan M. Hatta. 2013. Lama Waktu Perendaman Larva Ikan Cupang (Betta splendens) yang berumur 5 hari dengan hormone 17a-Metiltestoren Terhadap Keberhasilan Monosex Jantan. Koeferensi Akuakultur Indonesia: 1-8.

Irianto, A. 2005. Patologi Ikan dan Teleostei, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Iwak Cupang. 2020. Pusat Informasi Seputar Ikan Cupang, Pemeliharaan Serta Perawatan Ikan Cupang “Cara Cepat Mengeluarkan Warna Ikan Cupang”. https://www.iwakcupang.eu.org/2020/12/cara-cepat-mengeluarkan-warna-ikan.html. Diakses pada tanggal 15 November 2021 pukul 15.00 WIT.

Ladyescha, D., Nugroho, R. A., & Dharma, B. 2015. Uji Efektivitas Ekstrak Cair Daun Ketapang (Terminalia catappa Linn.) sebagai Antibakteri terhadap Ikan Cupang (Betta Sp.) yang Diinfeksi Bakteri Salmonella enterica serovar Typhi. Paper presented at the Prosiding Seminar Sains dan Teknologi.

Perez. A., et al., 2010. Phytochemical and Pharmological Studies on Mikania micrantha H.B.K., Experimental Botany, vol. 78, hal. 77-80

Rahmawati, R., Cindelaras, S., & Kusrini, E. 2016. Keragaan Pertumbuhan dan Warna Ikan Wild Betta (Betta sp.) dengan Rekayasa Intensitas Cahaya dan Warna Latar. Jurnal Riset Akuakultur, 11(2), 153-162.

Zain, M. 2002. Sex Reversal Memproduksi Benih Ikan Jantan atau Betina. Penebar Swadaya. Bogor.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4567

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License