Kemampuan IPA Guru Sekolah Dasar di Provinsi Sumatera Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan IPA guru SD di Provinsi Sumatera Selatan. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan test. Test diberikan kepada guru SD menggunakan Google Form dengan pengaturan waktu, untuk mengetahui kemampuan guru menyelesaikan soal Ujian Akhir SD dengan menggunakan soal-soal test Ujian Akhir SD tahun 2019 yang telah baku. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan statistik desriptif untuk memberikan gambaran umum mengenai penyebaran distribusi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan IPA Guru SD di Provinsi Sumatera Selatan rata-rata berada pada kategori cukup.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aeni, E. S. (2016). Strategi Pembelajaran Inovatif Pada Pembelajaran Teks Negosiasi Dengan Menggunakan Metode Somatik Auditori Visual Intelektual (SAVI). Seminar Pendidikan Nusantara 2016. I, pp. 82 - 87. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dewi, Annisa Anita. (2017). Guru Mata Tombak Pendidikan Second Edition. Sukabumi: CV Jejak.
Fathurrohman, Muhammad. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Priyono. (2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing
Riduwan. (2004). Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rosyada, Dede. (2004) Paradigma Pendidikan Demokratis. Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta : Prenada Media.
Tilaar, Anetha LF. (2010). Dampak Penguasaan Guru dalam Pembelajaran terhadap Kesuksesan Siswa dalam Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2): 122-129.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.4582
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
.png)

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan