Hubungan Sosiopsikologi Dan Karakter Pasien Dengan Pemanfaatan Pengobatan Tradisional (BATRA) Akupuntur

Ruttama Hutauruk, Dewi Tiansa Barus, Selamat Ginting

Abstract


Akunpunktur adalah  salah satu teknik pengobatan yang berasal dari cina. Pengobatan akupunktur adalah suatu teknik penyembuhan dengan memasukkan jarum pada titik-titik tertentu pada tubuh pasien. Ketidakmerataan fasilitas kesehatan di lingkungan pemukiman yang terpencil dan didukung pada budaya dilingkungan tersebut menjadikan pengobatan alternatif menjadi sangat berkembang di lingkungan tersebut. Tujuan dari penelitian  adalah untuk menjelaskan hubungan Sosiodemografi ( pendidikan, pekerjaan dan penghasilan) dan Sosiopsikologi ( persepsi dan kepercayaan) pasien terhadap pemanfaatan batra alkunpunktur di UPT.Puskesmas Delitua. Jenis Penelitian ini adalah survey dengan tipe explanatory yaitu untuk menjelaskan hubungan kausal antara variable-variabel penelitian melalui pengujian hipotesa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 orang. Analisis dapat dilakukan  secara univariat, bivariat, dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor  pendidikan, pekerjaan, penghasilan, persepsi dan kepercayaan mempunyai hubungan dengan sosiodemografi dan sosiopsikologi di UPT Puskesmas Delitua. Kesimpulan penelitian ini adalah variable usia nilai p value = 0,04, variable pendidikan nilai p value = 0,01, variabel pekerjaan nilai p value = 0.04, Penghasilan 0,02, variabel persepsi nilai p value = 0,01, variabel kepercayaan nilai p value = 0.00. Diharapkan  kepada pengambil kebijakan khususnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien ke arah  yang lebih baik untuk mecapai tujuan yang telah ditetapkan

Keywords


Sosiodemografi dan Sosiopsikologi, pendidikan, penghasilan, persepsi, kepercayaan

Full Text:

PDF

References


Azhari, 2002. Pengaruh Sosiodemografi Terhadap Pemanfaatan Posyandu Di Kelurahan Kisaran Timur Kabupaten Asahan Tahun 2002. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Damhar, 2010. Pengaruh Faktor Sosioekonomi dan Sosiopsikologi Terhadap Pemanfaatan Pertolongan Persalinan pada Dukun Bayi di Desa Bengkolan Dua Kecamatan Kayu Aro Kabupaten Kerinci Tahun 2002. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Jauhari (2008). Faktor yang berhubungan dengan keinginan Pasien untuk Berobat Alternatif.

Muslem, 2006. Hubungan Faktor Sosioekonomi dan Sosiopsikologi dengan Demand Persalinan pada Fasilitas Keseehatan di Kecamatan Tanjung Balai Selatan. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Notoatmodjo S, 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Rineka Cipta, Jakarta.

Turana, Yudha, 2010. Seberapa Besar Manfaat Pengobatan Alternatif. www.medikaholistik.com diakses tanggal 8 Januari 2015.

Sabaruddin, 2012. Pengaruh Faktor Sosial Terhadap pemanfaatan Klinik Spesialis Bedah RS Kartini Medan. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Saputra, Koosnadi, 2005. Akupunktur Klinik. Cetakan I, Airlangga University Press, Surabaya.

Sibarani, Darwin. 1996. Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Ibu Dalam Pencegahan Penyakit ISPA pada Balita di Desa Pangombusan Kecamatan Porsea Tahun 1996. Skripsi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sunaryo. 2010. Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Penanganan Patah Tulang pada Kelompok Pasien Bekas Dusun. Universitas Indonesia, Jakarta.

Varghese dalam Jauhari (2017). Faktor yang mempengaruhi pemilihan pengobatan alternative.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License