Korelasi Kesiapan Siswa Dalam Menerima Pelajaran Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas X Taman Madya Taman Siswa Pematang Siantar di Masa Pandemi Covid-19

Irwan Lihardo Hulu, Thiur Dianti Siboro, Siti Febriani

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian bertujuan untuk mengetahui korelasi kesiapan siswa dalam menerima pelajaran dengan hasil belajar pada mata pelajaran biologi dikelas X Taman Madya Tamansiswa Pematangsiantar Di masa pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 200 orang dari 5 kelas. Penentuan sampel dilakukan dengan mengambil ketentuan 20% dari populasi 200 orang menjadi 40 orang dengan ketentuan diambil 8 orang tiap kelas dengan menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan untuk menyaring data yaitu dengan metode angket yang berbentuk pilihan berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purvovise sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah menghitung persentase data dari setiap indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa dengan rata-rata sebesar 77,5% yang berjumlah 31 siswa dengan kategori cukup terletak pada interval 49–74, dan hasil persentase rata-rata yang berjumlah 82,5% yang berjumlah 33 siswa dengan kategori cukup terletak pada interval 49-74. Hasil persentase seluruh indikator kesiapan belajar rata-rata 72,5 dengan kategori cukup, dan hasil persentase hasil belajar 69,7 dengan kategori cukup. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji korelasi dari uji korelasi diperoleh r sebesar 0.38 berdasarkan kualifikasi korelasi merupakan korelasi rendah. Dari pengujian hipotesis kemudian diperoleh t hitung sebesar 2,99 dan “t” tabel pada taraf signifikan sebesar 1,68, maka >  sehingga  diterima dan  ditolak, artinya ada korelasi kesiapan siswa dalam menerima pelajaran dengan hasil belajar pada mata pelajaran biologi dikelas X Taman Madya Pematangsiantar Di Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2020/2021

Keywords


Korelasi, Kesiapan, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, Muhammad. (1983). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Siliwangi Jakarta.

Anas Sudjono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Rineka Cipta Jakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi & Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta ; Rineka Cipta

Arikunto, Suharimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi & Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Ashhabul, Khalif. (2015) “ Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Program Paket C Studi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Paciran Kabupaten Lamongan” Universitas Negeri Semarang.

Budjang Gusti, Yohannes Bahari, Kurniati, (2015) “Hubungan Kesiapan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 04 Sungai Raya”. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa vol 4 (1).

Busthomy, A, & Hamid, A. (2020). Jurnal Pendidikan Islam Vol. 8 No.3 Januari - Juni 2020. 8(3), 1-14.Kesiapan Pembelajaran Daring Perspektif Geografis

Brunner. (2003). Belajar dan Faktor– Faktor yang Mempengaruhinya.Rineka Cipta. Jakarta.

Dalyono, M. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darso. (2011). Kesiapan Belajar Siswa Dan Interaksi Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. Volume VII No. 2. Invotec Journal.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4719

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License