FENOMENA LEARNING LOSS SEBAGAI DAMPAK PENDIDIKAN DI MASA PANDEMI COVID-19

Ayu Widyasari, M Reza Widiastono, Dimas Sandika, Yushar Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ancaman nyata kehilangan pembelajaran bagi siswa kurang mampu dan daerah terpencil, akibat penutupan sekolah dan pembelajaran jarak jauh. Di sisi lain menjaga siswa agar tetap aman dari bahaya virus COVID-19 adalah hal yang utama. Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi dari dilema ini, namun sangat sulit diterapkan oleh siswa kurang mampu dan daerah terpencil, karena: 1) Siswa belum pernah menggunakan berbagai platform teknologi pendidikan dalam pembelajaran jarak jauh 2) Tidak memiliki smartphone dan paket data seluler 3 ) Sinyal internet di daerah terpencil tidak baik untuk pembelajaran jarak jauh. Hasil penelitian ini menggambarkan, ketika pembelajaran jarak jauh pertama kali diterapkan, sebanyak 70% dari 125 siswa kurang mampu dan sepuluh sekolah mengalami kesulitan saat menggunakan platform teknologi pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh. Namun, setelah dua tahun berlangsung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) telah terjadi peningkatan partisipasi siswa kurang mampu. Selain itu, subsidi paket data seluler yang diberikan oleh pemerintah, kurikulum yang adaptif dan variasi metode pembelajaran saat pembelajaran jarak jauh, menjadi faktor penting dalam meningkatkan partisipasi siswa kurang mampu dan daerah terpencil. Kedepannya perlu memperhatikan dampak dari kurikulum merdeka yang saat ini sedang diproyeksikan sebagai kurikulum baru pasca pandemic Covid-19. 


Keywords


Learning Loss; Covid-19; Pembelajaran Jarak Jauh; Siswa Prasejahtera; Daerah Terpencil

Full Text:

PDF

References


Amalia, A., & Sa’adah, N. (2020). DAMPAK WABAH COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI INDONESIA. Jurnal Psikologi, 13(2), 214–225. https://doi.org/10.35760/psi.2020.v13i2.3572

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/601/519

Azevedo, J. P., Hasan, A., Goldemberg, D., Geven, K., & Iqbal, S. A. (2021). SIMULATING THE POTENTIAL IMPACTS OF COVID-19 SCHOOL CLOSURES ON SCHOOLING AND LEARNING OUTCOMES: A SET OF GLOBAL ESTIMATES. The World Bank Research Observer, 36(1), 46. https://doi.org/10.1093/wbro/lkab003

Beatty, A., Berkhout, E., Bima, L., Pradhan, M., & Suryadarma, D. (2021). Schooling progress, learning reversal: Indonesia’s learning profiles between 2000 and 2014. International Journal of Educational Development, 85(April), 102436. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102436

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2018). PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 120. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6457

Creswell, J. W. (2018). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset Memilih Di Antara Lima Pendekatan (3rd ed.). Pustaka Pelajar.

Cummiskey, C., Stern, J., DeStefano, J., & Piper, B. (2020). CALCULATING THE EDUCATIONAL IMPACT OF COVID-19 (PART II): USING DATA FROM SUCCESSIVE GRADES TO ESTIMATE LEARNING LOSS. The Education and Development Forum (UKFIET). https://www.ukfiet.org/2020/calculating-the-educational-impact-of-covid-19-part-ii-using-data-from-successive-grades-to-estimate-learning-loss/

Day, T., Chang, I.-C. C., Chung, C. K. L., Doolittle, W. E., Housel, J., & McDaniel, P. N. (2021). The Immediate Impact of COVID-19 on Postsecondary Teaching and Learning. The Professional Geographer, 73(1), 1–13. https://doi.org/10.1080/00330124.2020.1823864

Ena, Z., & Djami, S. H. (2021). PERANAN MOTIVASI INTRINSIK DAN MOTIVASI EKSTRINSIK TERHADAP MINAT PERSONEL BHABINKAMTIBMAS POLRES KUPANG KOTA. Among Makarti, 13(2), 68–77. https://doi.org/10.52353/ama.v13i2.198

Hadiyat, Y. D. (2014). ketidakmerataan pengetahuan digital di Indonesia. Pekommas, 17(2), 81–90.

Hanushek, E. A., & Woessmann, L. (2020). The Economic Impacts of Learning Losses. OECD Education Working Papers, 225(September), 6–24. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/19939019

Hares, S., & Mundy, K. (2020). EQUITY-FOCUSED APPROACHES TO LEARNING LOSS DURING COVID-19. The Education and Development Forum (UKFIET). https://www.ukfiet.org/2020/equity-focused-approaches-to-learning-loss-during-covid-19/

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Hasudungan, A. N., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Emas Indonesia Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Melalui Inovasi Digital Platform www.indonesia2045.org (A. Sifaunajah (ed.); Vol. 1, pp. 51–58). SNAMI : Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin KH. A. Wahab Hasullah University Jombang. https://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/snami/article/view/263

Hasudungan, A. N., Sariyatun, S., Joebagio, H., & Sartika, L. D. (2020). TRANSFORMASI KEARIFAN LOKAL PELA GANDONG DARI RESOLUSI KONFLIK HINGGA PENDIDIKAN PERDAMAIAN DI MALUKU. Fikri: Jurnal Kajian Agama, Sosial Dan Budaya, 5(1), 37–50. https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jf.v5i1.784

Kisno, Calen, Tampubolon, M. R., Manalu, T. S., Berlien, R., Gulo, K. N., & Kešner, A. (2021). Teachers’ Learning Loss Diminution Through Self-Phased Learning with Guru Binar. Indonesian Journal of Educational Studies, 24(1), 17–26. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/ijes.v24i1.19473

Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. Journal of Nursing Care, 4(2), 130–137. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jnc.v4i2.30815

Mabruroh, I. W. (2021). Naiknya Angka Putus Sekolah dan Pernikahan Anak Kala Pandemi. Www.Republika.Co.Id. https://www.republika.co.id/berita/qonx38409/naiknya-angka-putus-sekolah-dan-pernikahan-anak-kala-pandemi

Moh Muslim. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. https://ibn.e-journal.id/index.php/ESENSI/article/view/205

Novia, W., & Wasehudin, W. (2021). DAMPAK PANDEMI COVID TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN PAI. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 8(1), 23–37. https://doi.org/10.17509/t.v8i1.28551

Pratiwi. (2021). Learning loss : Jurnal EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 147–153.

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Sabates, R., Carter, E., & Stern, J. M. B. (2021). Using educational transitions to estimate learning loss due to COVID-19 school closures: The case of Complementary Basic Education in Ghana. International Journal of Educational Development, 82(June 2020), 102377. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2021.102377

Sparrow, R., Dartanto, T., & Hartwig, R. (2020). Indonesia Under the New Normal: Challenges and the Way Ahead. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 56(3), 269–299. https://doi.org/10.1080/00074918.2020.1854079

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Wagner, E., & Warren, H. (2020). Save Our Education. Save the Children International. https://resourcecentre.savethechildren.net/node/17871/pdf/save_our_education_0.pdf

Williams, J. M., Greenleaf, A. T., Barnes, E. F., & Scott, T. R. (2019). High-achieving, low-income students’ perspectives of how schools can promote the academic achievement of students living in poverty. Improving Schools, 22(3), 224–236. https://doi.org/10.1177/1365480218821501

Yaya, H., Gusniwati, & Buhaerah. (2021). PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII MTs YASRIB BATU-BATU PADA MASA COVID-19. Pi: Mathematics Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.21067/pmej.v4i1.5049

Zulfitria, Ansharullah, & Fadhillah, R. (2020). Penggunaan Teknologi dan Internet sebagai Media. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0A

Zulkarnaen, & Handoyo, A. D. (2019). Faktor-faktor Penyebab Pendidikan Tidak Merata di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 21–24. https://bimawa.uad.ac.id/wp-content/uploads/Paper-Seminar-Nasional-2.pdf




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i1.5144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License