PENERAPAN STRATEGI KOOPERATIF SCRIPT PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI MAS PAB 1 SAMPALI

Nada Thahira, Indayana Febriani Tanjung, M Rizki, Friska Hernita, Sri Rahmadani

Abstract


Strategi pembelajaran adalah kegiatan belajar yang iharus dilakukan oleh pendidik dan peserta didik guna mencapai tujuan belajarnya secara efektif dan efisien. Menurut J.R., David A Learning Strategy adalah rencana yang mencakup serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode observasi, dimana metode tersebut merupakan metode yang dilaksanakan secara langsung dengan berdasarkan hasil penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 20 Mei 2022 data penelitian pada kelas XI MIPA-2 yang berjumlah 40 isiswa jam 08.45-10.00 WIB berupa test pemahaman konsep materi menggunakan model Koperatif Script. Kesimpulannya bahwa Penerapan model pembelajaran cooperatif script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi isi dan penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI, yang hal ini dibuktikan hasil belajar siswa memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimun (KKM)

Keywords


Biologi; Cooperatif Script ; Kelas XI ; Sistem Pernapasan.

Full Text:

PDF

References


Antasari, N. K., Sukardi, S., & Rispawati, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 5(1), 14-24.

Asriyani, K. D., Sedanayasa, G., Pudjawan, K., & Ganesha, U. P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Siswa Kelas Iv Sd Negeri Busungbiu. 3(2).

Haudi, S.Pd., M.M., D. B. (2021). Strategi Pembelajaran. In Biosel: Biology Science and Education (Vol. 2).

Indayana Febriani Tanjung. (2016). Guru dan Strategi Inkuiri dalam

Pembelajaran Biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(2), 64-82.

Jarot Susiloyoga. (2016). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENENTUKAN PELUANG SUATU KEJADIAN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS XH-IPA 3

SMA NEGERI 2 MADIUN TAHUN PELAJARAN 2010/2011. 2(April), 39 69. M. Jamil Acek SMK. (2019), PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN

COOPERATIF SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DIKELAS XI KC R DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 7(1), 98-114.

Putri, N. N. A. A. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Script Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Journal of Education

Technology, 3(2), 96-102. Rahila Salay, Ade Irma Suryaningsi, Humaira, K. R. (n.d.). Peningkatan. Keterampilan Berbicara Menggunakan Model Cooperative Script.

Salamiah. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENYIMAK CERITA SISWA KELAS VI SD NEGERI 020 TEMBILAHAN HILIR. Jurnal PAJAR, 1(1), 1-10.

Ulandari, T. S., Febriani, H., & Khairuna, K. (2021). Perbandingan Peningkatan Hasil Belajar Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script dan Make a Match. Jurnal Biolokus, 4(1), 55.

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Trisnawati, W. (2018). Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan Melalui Kombinasi Pembelajaran Indoor Dan Outdoor Sebagai Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa Sma. Prosiding Semnas Pendidikan Biologi, 2006, 148-155.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License