Sistematik Literatur Review (SLR) Analisis Kesulitan Belajar Bioteknologi Siswa SMA

Thahara Sumayya Zulkarnain, Nurlailatus Safitri, Farrah Dhifa Ibtidan Anillah, Salsabilah Siahaan, Miftahul Khairani, Indayana Febriani Tanjung

Abstract


Kesulitan belajar akan berpengaruh terhadap rendahnya semangat siswa dalam belajar, melemahnya motivasi belajar siswa, bahkan dapat menyebabkan hilangnya gairah belajar pada siswa, hal tersebut akan berdampak pada turunya prestasi yang diperoleh siswa. Tujuan peneliti adalah untuk melakukan literature review yaitu untuk mengetahui unsur-unsur yang menyebabkan kesulitan belajar bioteknologi siswa SMA. Teknik yang digunakan adalah strategi Systematic Literature Review (SLR). SLR ialah metode penelitian yang bertujuan untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan menafsirkan data dalam jurnal secara sistematis dengan tahapan yang ditetapkan. Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian yakni faktor yang menyebabkan sulitnya siswa dalam belajar bioteknologi yaitu motivasi, minat dan bakat, guru, buku serta laboratorium.Faktor guru, buku serta laboratorium menjadi faktor utama penentu kesulitan siswa dalam memahami materi bioteknologi. Adapun indicator pada materi bioteknologi yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi meliputi menjelaskan contoh proses rekayasa genetiika, mengutarakan proses kultur jaringan, menjelaskan proses rekombinan menjelaskan dampak penggunaan rekayasa genetika


Keywords


Bioteknologi, Kesulitan, Biologi

Full Text:

PDF

References


Anggraini, et al. 2020.Analisis Minat dan Bakat Peserta didik terhadap Pembelajaran.Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Andriani dan Rasto. 2019. Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. JURNAL PENDIDIKAN MANAJEMEN PERKANTORAN, 4 (1), 80-86.

Berutu dan Tambunan. 2018. Pengaruh Minat dan Kebiasaaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1 (2), 109 115.

Buchari, Agustini. 2018. Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’ FTIK IAIN Manado, 12 (2), 106-124.

Emda, Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5 (2), 93-196.

Hurit, Uron Roberta et al. 2021.Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Idzhar, Ahmad. 2016. Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2 (2), 221-228.

Kurnia et al. 2014.Profil Pembelajaran Biologi Berbasis Laboratorium dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMANegeri Se-Kabupaten Semarang.Unnes Journal of Biology Education 3 (2), 172-179

Kosasih, E. 2020.Pengembangan Bahan Ajar.Jakarta: Bumi Aksara.Limbong,

P Freddy. 2014. Pengelolaan Laboratorium Sekolah (Kasus Laboratorium SMA Unggul Del Tapanuli Utara).Jurnal Pendidikan dan Kepengawasan, 2 (2), 50 54.

Mardianto. 2019. Psikologi Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.

Magdalena, Ina et al. 2020. Peran Guru dalam Mengembangkan Bakat Siswa. Pandawa Jurnal Pendidikan dan Dakwah, 2 (1), 61-69.

Minsih dan Aninda.2018. Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. JPPD, 5, (1), 20-27.

Palittin, et al. 2019.Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Magistra: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6 (2), 101-109.

Rahmadani, Wahidah et al. 2017. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Bioteknologi di SMA Negeri Se-Kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, 6 (2), 279-285.

Sari dan Suhaili. 2020. Bakat Terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Ensiklopedia of Journal, 2 (5), 140-146.

Triandini, et al. 2019.Metode Systematic Literature Reviewuntuk Identifikasi Platform danMetode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), Vol. 1 (2), hlm.63-77.

Urbayatun, Siti et al. 2019. Kesulitan Belajar dan Gangguan Psikologis Ringan Pada Anak.Yogyakarta: K-Media

Wardani, Krisna Agustin et al. 2017.Pengantar Bioteknologi. Malang: UB Press, hlm.3.

Wibowo dan Farnisa. 2018. Hubungan Peran Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa. JURNAL GENTALA PENDIDIKAN DASAR, 3 (2), 181-202.

Zulpadly et al. 2016.Analisis Kesulitan Belajar Siswa Materi Bioteknologi SMA Negeri Se-Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Pendidikan Biologi, 6, (1), 242-248




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License