ANALISIS MAHASISWA TADRIS BIOLOGI MENGENAI PRATIKUM YANG DILAKUKAN PADA SAAT SMA DAHULU

Jamilah Jamilah, Rini Shafira Ginting Ginting, Maharani Syarif Syarif, Agista Putri Wahyudi Silaban Wahyudi Silaban, Annisa Ayu Ayu, Miftahul Khairani Khairani, Indayana Febriani Tanjung Febriani Tanjung

Abstract


Pendidikan merupakan faktor yang paling penting dalam suatu bangsa karena dengan adanya pendidikan dapat mendorong dan menentukan maju mundurnya suatu proses pembangunan dalam berbagai macam bidang. Hal ini sesuai dengan tujuan pendidikan adalah untuk menciptakan manusia terdidik dan terampil bagi kepentingan suatu pembangunan secara menyeluruh, baik untuk masa sekarang maupun untuk masa yang akan datang. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut, guru sebagai pelaksana pendidikan dilapangan sangat menentukan keberhasilannya. Dalam hal ini guru dapat dikatakan sebagai pemegang utama dalam proses pendidikan mengenai proses belajar mengajar sekolah. Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti pada bulan Juni 2022 pada mahasiswa jurusan Tadris Biologi - UINSU, bahwasanya terdapat dibeberapa sekolah mereka ketika SMA guru mata pelajaran biologijarang melakukan praktikum pada saat proses belajar mengajar. Bagi beberapa siswa, konsep dan prinsip biologi menjadi sulit dipahami dan dicerna oleh kebanyakan siswa apalagi jika siswa diperintah untuk menyelesaikan tugas biologi pada materi tertentu.Hal ini berdampak pada rendahnya minat siswa untuk belajar biologi.Menurut Sudirman (1992:163) metode praktikum adalah cara penyajian pelajaran kepada siswa untuk melakukan percobaan dengan mengalami dan membuktikan sesuatu yang dipelajari. Selain itu dengan metode praktikum dapat mengukur kemampuan siswa, terutama dalam keterampilan proses yang dapat di ukur padasaat siswa melakukan percobaan. Evaluasi atau penilaian pada pembelajaran dengan metode praktikum juga bervariasi dan dapat dilakukan secara bersamaan.

 


Keywords


Analisis Mahasiswa, Praktikum, SMA

Full Text:

PDF

References


Zahara,Rita, Agus Wahyuni, Elmi Mahzum.2017. Perbandingan Pembelajaran Metode Praktikum Berbasis Keterampilan Proses Dan Metode Praktikum Biasa Terhadap Prestasi Belajar Siswa.Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika.Vol. 2 No.1.UNSYIAH.

Afreni Hamidah, Eka Novita Sari, Retni S Budhianingsih, 2014. Persepsi Siswa Tentang Kegitan Praktikum Biologi di Laboratorium SMA Negeri Se-Kota Jambi, Jurnal Sainsmatika, Vol 8 No 1 Hal 62-68, ISSN 1979-0910.

Muhammad Imam Sufianto, Muhammad Hefni, 2020, Analisis Penggunaan Praktikum Sederhana Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di SDN Durbuk III Pamekasan Tahun Pelajaran 2019-2020, Jurnal Ilmiah Pensisikan IPA, Vol 3 No 1 Hal 1-17.

Rahmah Qonita, Anif Rizqianti Hariz, Erna Wijayanti, 2021, Analisis Pelaksanaan Kegiatan Praktikum Biologi Daring Pada Siswa SMA, Jurnal Pendidikan Vol VII No 11 p-ISSN 2503-4561 e-ISSN 2527-3760.

Ambarwati, Susianawati, 2006, Kemajuan IPTEK untuk Kemaslahatan Ummat, SUHUF. JIL 18 NO 2 HAL 156-165.

Muelyoprawiro, s. 2005. Perang Biologi Dalam Kesehatan. Seminar Nasional Dan Kongres Biologi XIII. Yogyakarta UGM.

Sunarlim N Sutrisno, 2003. Perkembangan Penelitian Bioteknologi Pertanian Di Indonesia. Jil 6 No 1 Hal 1-7




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.5620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License