PENGARUH SCIENTIFIC LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA

Indah Munte, Efrida Pima Sari Tambunan, Riris Nurkholidah Rambe

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Scientific Learning Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Negeri 1 percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Experimental Design. Populasi berjumlah 157 siswa. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Sampel berjumlah 40 siswa yang berasal dari kelas MIPA1 sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran scientific learning dan MIPA2 sebagai kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, berupa pretest-posttest berbentuk pilihan ganda (multiple choice) dan non tes berupa angket keterampilan proses sains siswa. Sebelum melakukan penelitian instrumen tes diuji coba pada kelas XI MIPA2, dan dihitung validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Kemudian uji hipotesis penelitian menggunakan uji t, sebelum dilakukan uji t data diuji prasayarat analisisnya terlebih dahulu yaitu dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data menggunakan uji hipotesis pada hasil belajar diperoleh thitung = 16,58 dan uji hipotesis pada keterampilan proses sains siswa diperoleh thitung = 5,82 sedangkan pada taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel =2,02 artinya thitung ≥ ttabel, maka dapat dikatakan H0 ditolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Scientific Learning terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa


Keywords


Scientific Learning, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains

Full Text:

PDF

References


Ananda, A. dan Abdillah. (2019). Pembelajaran Terpadu. Medan: LPPPI.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Burhanuddin. (2019).”pengaruh kreatifitas dalam proses pembelajaran fikih Terhadap hasil Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di MTS Yapi Pattiro Bajo”.Jurnal AL- Qayyimah, Vol ,No 1.

Daryanto.(2014).Kajian Tentang Pendekatan Saintifik. Jakarta:Rineka Cipta.ran Abad 21. Bogor : Ghaia Indonesia

Fahmi M.N.(2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas IV SD Tambakromo 2 Ngawi. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara vol 3 No 1.

Haryati, S. Hasjmy, M.A. Marzuki. (2011) “Peningkatan Aktivitas Peserta didik Dengan Pendekatan Saintifik. Di Kelas I SDN 05 Delta Pawan”.Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIPUNTAN, Pontianak.

Hayat.( 2004). Sistem Penelitian Buku. Jakarta : Pusat Perbukuan.

Hosnan,M. (2014).Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam pmbelajan

Imam,G.( 2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT Rajawali Pers,hal 93.

Johari Marjan, I.B. Putu Arnyana, I.G.A. Nyoman Setiawan, (2018) Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi danKeterampilan Proses Sains Siswa MA Mu’allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat”, e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Volume 4.

Nasution,W.N. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PAI, Medan: Perdana Publishing.

Natalina,Mariana dkk.(2019) Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Contexstual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas VII SMPN 21 Pekan Baru. Jurnal Pendidikan. Vol. 1. Nomor 2.

Nugroho,D.H.(2013).Strategi Pembelajar an Geografi.Yogyakarta : Ombak.

Purwanto. 2018. Teknik Penyusuna Instrumen (Uji Validitas dan Reliabilitas untuk Penelitian Ekonomi Syariah. Magelang: Staia Press

Rahman, H. dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Kingdom Animalia Di Kelas X selah Menengah Atas Negeri 2 Sintang. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol.2, No.1, ISSN 2540- 802

Riris N.R. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading And Compotision) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Iv Min 4 Medan” Nizhamiyah Vol. X No. 2.

Sudjana S.R. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kulitatif R& D. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v5i2.6001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License