Pengaruh Model Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI IPA SMA Swasta Prayatna Medan

Dewi Sutriani Saragih, Nurhasnah Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 tahun pembelajaran 2015/2016. Peneletian ini dilaksanakan pada tanggal 13 April 2016 sampai 28 April 2016. Peneltian ini menggunakan metode eksperimen semu (Quasi experiment) dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa di kelas XI IPA SMA Prayatna Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 170 siswa yang kemudian dijadikan sampel sebanyak 40 siswa dari kelas XI IPA 2 dengan cara pengambilan sample acak (Random Sampling). Instrument dalam peneltian ini adalah tes hasil belajar berupa pre test dan pos test.Hasil belajar siswa yang menggunakan model Mind Map diperoleh nilai yang tuntas sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 70 adalah sebanyak 33 siswa (82,5%) dan yang tidak tuntas adalah 7 siswa (17,5%) dengan nilai rata-rata 74,35 dan standart deviasi 10,14. Hasil uji normalitas diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,1120 < 0,1401 dinyatakan bahwa data berdistribusi normal sedangkan hasil uji homogenitas diperoleh Fhitung< Ftabel = 1,2 < 1,7 dinyatakan data mempunyai varians yang sama atau homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel atau 6,040 > 1,718 dengan taraf kepercayaan 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Mind Map terhadap hasil belajar Biologi siswa pada sub materi Sistem Ekskresi pada organ ginjal dan paru-paru di SMA Prayatna kelas XI IPA 2 Tahun Pembelajaran 2015/2016

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka

Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bakry, O. 1983. Tafsir Rahmat. Jakarta.

Buzan, T. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama (http://googleweblight.com/?lite_url=http://www.eurekapendidikan.com/201 diakses pada tanggal 28 Maret 2016)

Buzan, T. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,

cet.VI(http:googleweblight.com/?lite_url=http://duaenamkosong.blogspot.com/2014/06 diakses pada tanggal 28 Maret 2016)

Buzan, T. 2010. Buku Pintar Mind Map untuk Anak: Agar Anak Mudah Hafal

dan Berkonsentrasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. (http://kd-cibiru.upi.edu/jurnal/index.php/antologipgsd/article/download/328/248 diakses pada tanggal 28 Maret 2016)

Dimyati dan Mudjiono. 2009.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem-Ekskresi-Manusia(Diakses 20 Januari 2016)

http://library.walisongo.ac.id/digilib/files/disk1/33/jtptiain-gdls12006muahadahmi

-bab3 310-7.pdf (Diakses 24 Februari 2016)

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif.Medan: Media Persada.

Pratiwi, D.A, dkk. 2006. Biologi untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Priadi, A. 2010. Biologi 2 SMA Kelas XI. Jakarta: Yudhistira

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sagala, S. 2008. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Setyosari, P. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sumiati dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Suyanto dan Asep. 2013. Menjadi Guru Profesional Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Jakarta: Erlangga

Tim Dosen FKIP UISU. 2015. Panduan Penulisan Skripsi. Medan




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i1.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License