Komparasi Hasil Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Antara Program Unggulan Dan Reguler Di MAN 2 Probolinggo

Unzilatur Rohmah, Ainol Ainol, Bahruddin Zaini

Abstract


Salah satu hasil implemantasi kurikulum merdeka berpengaruh pada nilai belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak. Penelitian ini menggunakan analisis data pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dengan reguler di MAN 2 Probolinggo. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dengan mengambil sampel pada program unggulan sebanyak 30 siswa dan program reguler sebanyak 30 siswa. Hasil daripada penelitian ini adalah pada hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dan reguler di katakan baik, karena presentase 89% pada program unggulan dan 86% pada program reguler dan hasil implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran aqidah akhlak antara program unggulan dan reguler terdapat perbedaan yang signifikan berdasarkan nilai t hitung 3.733 > nilai t tabel 2.628 dan sig. (2 tailed) sebesar 0.000 yang artinya sig < 0.05 dengan hipotesis bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


Hasil Belajar Siswa, Implementasi Kurikulum Merdeka, Program Kelas

Full Text:

PDF

References


Arviansyah, M. R., & Shagena, A. (2022). Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.

Hanun, F. (2016). Membangun Citra Madrasah Melalui Program Kelas Unggulan Di Mtsn 2 Bandar Lampung. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 14(3), 405–424.

Jojor, A., & Sihotang, H. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka dalam Mengatasi Learning Loss di Masa Pandemi Covid-19 (Analisis Studi Kasus Kebijakan Pendidikan). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5150–5161.

Kemdikbud. (2022). Buku Saku Kurikulum Merdeka; Tanya Jawab. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–50.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 3211 Tahun 2022 tentang. (2022). Capaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Kurikulum Merdeka pada Madrasah. 5(3), 117.

Khoirurrijal; Fadriati; Sofia. (2022). Pengembagan Kurikulum Merdeka. CV. Litersi Nusantara Abadi.

Marisa, M. (2021). Inovasi Kurikulum “Merdeka Belajar” di Era Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 72.

Mustagfiroh, S. (2020). Konsep “ Merdeka Belajar ” Perspektif Aliran Progresivisme di Perguruan Tinggi. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 141–147.

Qolbiyah SMK Negeri, A., & Author, C. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(1), 44–48.

Rifa’i, A., Kurnia Asih, N. E., & Fatmawati, D. (2022). Penerapan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PAI Di Sekolah. Jurnal Health Sains, 3(8), 1006–1013.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Shofia Hattarina, Nurul Saila, Adenta Faradila, Dita Refani Putri, & RR.Ghina Ayu Putri. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 181–192.

Sudarto, Hafid, A., & Amran, M. (2021). Analisis Implementasi Program Merdeka Belajar di SDN 24 Macanang dalam Kaitannya dengan Pembelajaran IPA/TemaIPA. Seminar Nasional Hasil Penelitian 2021, 1(1), 406–417.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Perbedaan penyesuaian sosial antara siswa sekolah full day dengan siswa sekolah regular. In Suparyanto dan Rosad (2015 (Vol. 5, Issue 3).

Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.6797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License