Analisis Kesesuaian Materi Keanekaragaman Hayati Pada Buku Teks Biologi Dengan Kurikulum 2013 SMA Kelas X Kabupaten Langkat

Addina Putri Danisa Addina, Miza Nina Adlini Nina

Abstract


Buku teks merupakan pedoman untuk memperoleh kompetensi dalam proses pembelajaran. tingginya persentase penggunaan buku di satuan pendidikan dan sekolah yang menggunakan penerbit swasta, maka perlu melakukan analisis terhadap buku teks biologi. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kesesuaian materi keanekaragaman hayati pada buku teks biologi SMA kelas X berdasarkan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 pada aspek keluasan dan kedalaman materi. Metode penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan menggunakan penelitian deskriptif yang ditujukan untuk memaparkan atau menggambarkan suatu fenomena yang ada. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar analisis tingkat kesesuaian yang sudah divalidasi oleh dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditinjau dari aspek keluasan materi pada buku teks A dan B berkategori “Kurang sesuai ” dan “Sesuai”, dengan hasil rata-rata sebesar 60% dan 81,5%. Sedangkan ditinjau dari kedalaman materi pada buku teks A dan B berkategori “Kurang sesuai ” dan “Sesuai”, dengan rata-rata 50,9% dan 76,19%. Artinya buku A tetap dapat digunakan dengan catatan, yaitu mencari sumber belajar lain untuk memenuhi dua materi pokok yang tidak tercantum dalam buku A. 

Keywords


Buku teks biologi; Tingkat kesesuaian; Keaneragaman hayati

References


Arikunto, S. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bina Aksara.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 1–11.

Fauziyah, A., Jalmo, T & Surbakti, A. (2018). Analisis kesesuaian materi virus pada buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Llmiah Pendidikan Biologi FKIP Unila, 6(2), 1–9.

Handoko, R. & S. (2016). Analisis miskonsepsi pada buku teks Biologi SMA kelas X berbasis kurikulum tingkat satuan pendidikan 2016 dan kurikulum 2013 di Kota Tebing Tinggi. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 39–47.

Inaltekin, T. (2019). A research on visual learning representations of primary and secondary science textbooks in Turkey. International Journal of Progressive Education, 16(6), 48–53.

Kemendikbud. (2005). Lampiran Peraturan Pendidikan Nasional RI Nomor 11 Tahun 2005 Tentang Buku Teks Pelajaran.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Kurniasih. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) Sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Lailatul, Q. H., Rosyidatun, E. S & Miranto, S. (2015). Analisis isi buku sekolah elektronik (BSE) Biologi Kelas XI semester I berdasarkan literasi sains. Jurnal Edusains, 7(1), 1–10.

Mahmood, K. (2010). Textbook evaluation in pakistan: issue of conformity to the national curriculum guidelines. Bulletin of Education & Research, 32(1), 12–18.

Mekarisce, A. A. (2020). Teknik pemeriksaan keabsahan data pada penelitian kualitatif di bidang kesehatan masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(3), 145–151.

Mulyasa, H. E. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misyikat, 1(3), 1–10.

Purwanto. (2012). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Purwanto, N. (2004). Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Kencana.

Sariono. (2013). Kurikulum 2013: kurikulum generasi emas. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya, 3(1), 1–9.

Setiawan, A., Jalmo, T., Surbakti, A. (2018). Analisis kesesuain materi bakteri pada buku teks dengan kompetensi dasar kurikulum 2013. Jurnal Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilmiah Pendidikan Biologi FKIP Unila, 3(6), 1–9.

Zulfiani., Feronika, T., Suartini, K. (2009). Strategi Pembelajaran Sains. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i1.7143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License