PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SYSTEM THINKING PESERTA DIDIK DENGAN DIFERENSIASI INTELEKTUAL PADA MATERI SISTEM IMUN KELAS XI SMAN 5 PADANG

Syifa Ananda, Muhyiatul Fadilah, Heffi Alberida, Suci Fajrina

Abstract


Hasil analisis awal yang menunjukkan kurangnya kemampuan system thinking peserta didik kelas XI SMAN 5 Padang berada pada kriteria yang perlu ditingkatkan. Penerapan model PBL juga masih belum optimal dalam pembelajaran biologi. Hal ini dikarenakan guru yang cenderung belajar dengan metode ceramah. Untuk itu, perlu upaya untuk meningkatkan system thinking peserta didik melalui penerapan model PBL dalam pembelajaran serta melihat faktor IQ peserta didik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh PBL terhadap system thinking peserta didik dengan diferensiasi intelektual kelas XI SMAN 5 Padang.

Jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan post-test only control group design. Populasi adalah seluruh kelas XI MIPA SMAN 5 Padang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 7 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penilaian system thinking berupa tes essay yang jawabannya dalam bentuk peta konsep. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan uji korelasi rank spearman menggunakan SPSS versi 25.

Hasil penelitian system thinking pada kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 67,27 dan kelas kontrol sebesar 54,86. Hasil analisis data pengaruh PBL terhadap system thinking peserta didik sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan signifikan system thinking antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian hubungan IQ dan system thinking peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dengan nilai koefisien korelasi IQ pada kelas eksperimen sebesar 0,446 atau 19,8% dan pada kelas kontrol sebesar 0,091 atau 0,8%. Artinya kelas yang menggunakan model PBL dalam pembelajaran biologi memberikan nilai kontribusi IQ sebesar 19,8% terhadap system thinking dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lainnya yaitu faktor eksternal dan faktor internal. Kesimpulan yang diperoleh adalah terdapat pengaruh model PBL terhadap system thinking peserta didik dengan diferensiasi intelektual kelas XI SMAN 5 Padang.


Keywords


Problem Based Learning, kemampuan system thinking, diferensiasi intelektual.

Full Text:

PDF

References


Andriani, D., & Hamdu, G. 2021. Analisis Rubrik Penilaian Berbasis Education for Sustainable Development dan Konteks Berpikir Sistem di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1326-1336.

Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemampuan Akademik Siswa pada Materi Biologi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 9(01)

Batubara, N. K., & Reflina, R. 2023. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Program Linier Berdasarkan Tingkat Intelligence Quotient. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 11(2), 180-192.

Fadila, H. N. 2021. Tingkat Intellegence Quotient (IQ) dan Capaian Hafalan Al-Qur’an Siswa di Yogyakarta. Jurnal Psikologi Wijaya Putra, 2(2), 1-9.

Feriver, Ş., Olgan, R., Teksöz, G., & Barth, M. 2019. Systems Thinking Skills of Preschool Children in Early Childhood Education Contexts from Turkey and Germany. Sustainability, 11(5), 1478.

Fitriana, A., Imron, A., & Arif, S. 2017. Hubungan Antara Hasil Tes Iq (Intelligence Quotient) Dengan Prestasi Belajar Siswa. PESAGI (Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Sejarah).

Hamdu, G., Suryani, L., & Prana, A. M. 2021. Tingkat Kesulitan Soal Tes Berpikir Sistem Pada Implementasi Pembelajaran Education for Sustainable Development di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional MIPATI (Vol. 1, No. 1).

Hidayatno, A. 2016. Berpikir Sistem: Pola Berpikir untuk Pemahaman Masalah Yang Lebih Baik. Research Gate.

Karsim, K., Suyitno, H., & Isnarto, I. (2017). Influence of IQ and Mathematical Disposition Toward the Problem Solving Ability of Learners Grade VII Through PBL Learning Model with the Assistance LKPD. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(3), 352-359.

Mayasari, A., Arifudin, O., & Juliawati, E. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia, 3(2), 167-175.

Mukharomah, E., Hidayat, S., Handaiyani, S., & Kartika, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Kognitif Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengetahuan Lingkungan. BIOSFER: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 6(1).

Nuraeni, R., & Himatul, A. 2020. Profil Kemampuan Berpikir Sistem Siswa Kelas XI SMA pada Materi Sistem Pernapasan. Pedagogi Hayati, 4(1), 1-9

Octaviani, F. R., Murniasih, A. T., Dewi, D. K., & Agustina, L. 2020. Apersepsi Berbasis Lingkungan Sekitar Sebagai Pemusatan Fokus Pembelajaran Biologi Selama Pembelajaran Daring. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v6i2.7610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License