Pengaruh Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di Kelas X SMA Swasta Persiapan Stabat TP 2016/2017

Edi Azwar, Anggun Ninda Syahputri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model  Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X yang terdiri dari 4 kelas yang berjumlah 136 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X3 yang berjumlah 30 siswa. Nilai rata-rata pre-tes 59,56 dengan standar deviasi 14,00 sedangkan nilai rata-rata post-tes 74,56 dengan standar deviasi 12,40 bserdasarkan uraian di atas terdapat peningkatan antara nilai rata-rata pre-tes dengan nilai rata-rata pos-tes dari 59,56 menjadi 74,56 mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)yaitu 75. Uji hipotesis di dapat nilai thitung 9,93 sedangkan nilai ttabel 1,70 sehinggan thitung > ttabel, dengan demikian Ho di tolak dan Ha diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan Model Three Stage Fishbowl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi  Ekosistem Di SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT Tahun Pembelajaran 2015/2016

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienaka cipta

dasar-dasar Evaluasi Pendididkan. Jakarta: Bumi Aksara

Asmani, Jamal M. 2009. Jurus-Jurus Belajar Efektif untuk SMP dan SMA. Jogjakarta: Diva Prees

Barkley, Elisabeth, dkk. 2012. Collaborative Learning Techniques: Tehnik-Tehnik Pembelajaran Kolaboratif. Bandung: Nusa Media

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud

http://afhraboys.blogspot.co.id/2011/02/pencemaran-air_28.html

http://gurunngeblog.com/2009/01/13polusi-atau-pencemaran-lingkungan/

http://lehawir.blogspot.com/2010/10/berbagi-ilmu-proposal-question-student.html

http://dasar-teori.blogspot.com2011/pengertian-pendidikan-ipa-dan-perkembangannya

http://lukmanp421.blogspot.com/2013/04/pencemaran-lingkungan-pabrik.html

http://sayangialamsekitar.blogspot.com/2010/09/pencemaran-air.html

http://www.anneahira.com/pencemaran-air-dan-udara.html

http://www.artikellingkunganhidup.com/6-upayapencegahan-atas-pencemaran-lingkungan.html

Mudjiono, D. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rieneka Cipta

Nurhayati, Nunung. 2013. Biologi untuk SMA Kelas X Peminatan. Bandung: Yrama Widya

Pratiwi, dkk. 2006. Biologi SMA Kelas X. Bandung: Erlangga

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Riana Yani, dkk. 2009. Biologi I Kelas X SMA dan MA. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Silberman, Melvin L. 2013. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktiv. Jakarta: Nusa Media

Sri Widayati, dkk. 2009. Biologi SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Subardi, Nuryani dan Shidiq Purnomo. 2009. Biologi untuk Kelas X SMA dan MA. Jakarta: CV Usaha Makmur

Suherman, Erman. 2001. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rieneka Cipta

Sudjana. 2002. Metode Statistik. Bandung: PT. Tarsito




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.789

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License