Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Numbered Head Together Dengan Snowball Throwing Materi Sistem Indera Kelas XI SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017

Yusri Fefiani Fefiani, Hermalisa Surbakti Surbakti

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada materi Sistem Indra di kelas XI SMA Prayatna Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan data diperoleh dari dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei s/d Juni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI.Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang diajarkan dengan menggunakan model Numbered Head Together dan kelas eksperimen II yang diajarkan dengan menggunakan model Snowball Throwing. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 30 soal yang telah teruji validitas, reabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soalnya. Hasil pengolahan data diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen I (Numbered Head Together) adalah 71,4 dan rata-rata pos-test kelas eksperimen II (Snowball Throwing) adalah 69,4. Semua data pos-test diperoleh data bedistribusi normal. Data tersebut kemudian diuji homogenitas sehingga diketahui kedua kelas homogen. Setelah diberi post-test nilai rata-rata hasi belajar pada kelas eksperimen I adalah sebesar 71,4 dan pada eksperimen II diperoleh rata-rata hasil belajar sebesar 69,4. Dari data tersebut setelah dianalisis, maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen I adalah sebesar 54,2% dan peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen II adalah sebesar 45,7%. Sehingga dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together dan model pembelajaran Snowball Throwing

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 151

Arikunto, Suharsimi. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Huda, Miftahul. (2014). Model- Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Belajar

http://genggaminternet.com//bagian-bagianmata.com diakses 22 juni 2015

http://www.penyakitmata.org diakses 10 maret 2015

http://www.soft/ilmu.com/2015/04/pembagiantelinga.com diakses 04 maret 2015

htttp://www.soft/ilmu.com/2015/04/pembagianhidung.com diakses 04 maret 2015

http://aktomisriadi.blogspot.co.id diakses 25 januari 2013

http://www.google.com/search?q=Gambar+Lidah+Serta+Bagiannya diakses 11 april 2013

http://www.gardapengetahuan.xyz/2013/02beberapa-fungsi-bagiankulit.html diakses 02 april 2013

http://fembeisma.wordpress.com/science/sistemkoordinasi-Manusia/sistem-indera manusia2017 diakses 23 juni 2017

Karmana, Oman. (2008), Cerdas Belajar Biologi Kelas XI SMA/MA. Bandung: PT Multi

Printindo Persada

Muhibbin, (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurhayati, Nunung dkk. 2014 Biologi 1700 Bank soal bimbingan pemantapan Bandung:

Yrama widya

Prawirohartono, Slamet dan Hidayati, Sri. (2012). Sains Biologi SMA/MA Kelas XI.

Jakarta: Bumi Aksara

Pratiwi , D. A, et.al. 2012. Biologi SMA/MA Kelas XI. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama

Riandari, Henny. (2012). Biologi SMA/MA Kelas XI. Solo: PT Tiga Serangkai

Pustaka Mandiri

Rusman, (2016). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Shoimin, Aris (2013). Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

Sudjana, (2014). Metode Statistika. Bandung. PT Tarsito.

Suyanto dan Jihad, Asep. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga Group

Trianto, (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v1i2.857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License