Analisis Literasi Sains Pada Buku Teks Biologi Kelas XI SMA Materi Sistem Pernapasan di Kecamatan Sawit Seberang

Fira Kirana, Kartika Manalu, Rohani Rohani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi sains pada buku teks Biologi berdasarkan dimensi literasi sains yaitu: sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara untuk menyelidiki, sains sebagai cara untuk berfikir, sains dan interaksinya dengan, teknologi, dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis isi atau dokumen (content or document analysis). Hasil penelitian pada kedua buku mempunyai persentase tertinggi pada dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan berjumlah 57.5% dan buku II berjumlah 56.66%, dimensi sains sebagai cara berpikir buku I memiliki persentase berjumlah 35% dan buku II berjumlah 27.5%, dimensi sains sebagai jalan investigasi buku I menunjukkan persentase berjumlah 32,5% dan buku II berjumlah 30,83% serta memiliki persentase terendah pada dimensi sains dan interaksinya dengan teknologi dan masyarakat, pada buku I berjumlah 30% dan di buku II yaitu 27,5%. Jadi disimpulkan bahwasanya tingkat literasi sains pada buku teks pelajaran biologi SMA Kelas XI materi sistem pernapasan yang digunakan di Kecamatan Sawit Seberang cukup baik sesuai dengan kriteria penilaian.

Keywords


Analisis Isi, Buku Teks Pelajaran Biologi SMA, Literasi Sains Keywords : Content Analysis, High School Biology Textbook, Science Literacy

Full Text:

PDF

References


Abdulkarim, A. (2017). Analisis isi buku teks dan implikasinya dalam membedakan keterampilan berfikir siswa. Jurnal Forum Pendidikan, Vol. 23, No. 2, 118-132.

Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. (2009). Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains (biologi). Pendidikan Biologi, FMIPA UPI.

Anas, N., dkk. (2023). Analisis ketercapaian literasi sains peserta didik di MI/SD. ALACRITY: Journal Of Education, 3(1), 66.

Arikunto. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ariningrum, T.R. (2013). Analisis literasi ilmiah buku teks pelajaran biologi SMA. Skripsi, Universitas Negeri Semarang.

Campbell NA., dkk. (2010). Biologi edisi kedelapan jilid 2. Jakarta: PT. Erlangga.

Chabalengula VM., dkk. (2008). Curriculum and instructional validity of scientific literacy themes covered in zambian high school biology curriculum. International Journal of Environment & Science Education 3 (4): 207-220.

Chiappetta EL & DA Filman. (2017). Analysis of five high school biology textbooks used in the united states for inclusion of the nature of science. International Journal of Science Education 29(15): 1847-1868.

Chiappetta EL & TR Koballa. (2010). Science instruction in the middle and secondary schools: developing fundamental knowledge and skills. United State of America: Pearson Education Inc.

Cobanoglu EM & B Sahin. (2009). Underlining the problems in biology textbook for 10th grades in high school education using the suggestions of practicing teachers. Journal of Turkish Science Education 6 (2):75-91.

Martiasari, E., dkk. (2022). Kandungan literasi sains pada buku tematik terpadu siswa kelas V SD/MI Kurikulum 2013. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 106-107.

Nuraini, dkk. (2017). Student’s profile about science literacy in Surakarta. Journal of Physics: Conf. Series 1022 01206, 1-6.

Pusat Perbukuan Depdiknas. (2003). Standar penilaian buku pelajaran sains.

Rahmawati, Z., & Istingingsih, G. (2022). Analisis aspek literasi sains pada buku siswa kurikulum 2013 kelas 4 tema 6. Jurnal Education and Development, 10(1), 217-218.

Risma, M., dkk. (2019). Analisis konten buku teks IPA terpadu kelas VII semester 1 ditinjau dari aspek literasi sains, Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP). 3(2), 200-208.

Ruwanto, B. (2011). Kesalahan konsep fisika dalam Buku Sekolah Elektronik (BSE) untuk SMP. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. Yogyakarta.

Salamah, N. P., dkk. (2017). Pengembangan alat evaluasi materi tata surya untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa SMP. Unnes Physics Educational Journal, 6(3): 7-16.

Sari, L. (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar literasi sains siswa mata pelajaran IPA pada materi energi dalam sistem kehidupan dengan metode eksperimen. Jurnal Pelita Pendidikan, 7(3), 116.

Syahpitri, J. dkk. (2022). Analisis kelayakan isi materi buku teks biologi kurikulum 2013 kelas X ditinjau dari aspek literasi lingkungan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA/MA). Jurnal Pembelajaran dan Biologi Nukleus, 8(3), 812.

Udeani, U. (2013). Quantitative analysis of secondary school biology textbooks for scientific literacy themes. Reseacrh Journal in Organizational Psychology & Education Studies, 2(1), 39-43.

Wahyu RN, Endah dkk. (2016). Analisis buku siswa mata pelajaran IPA kelas VIII SMP/MTs berdasarkan kategori literasi sains. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 3(2).

Yayah, S. M. (2014). Analisis literasi sains pada buku tematik terpadu untuk siswa SD/MI Kelas IV Kurikulum 2013. (Skripsi). Universitas Terbuka.

Yuliyanti, T. E., & Rusilowati, A. (2014). Analisis buku ajar fisika SMA kelas XI berdasarkan muatan literasi sains di Kabupaten Tegal. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 69.




DOI: https://doi.org/10.30743/best.v7i1.9031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 

https://scholar.google.co.id/citations?user=kvKzX3QAAAAJ&hl=id&authuser=4

Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)

Program Studi Pendidikan Biologi, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License