ANALISA KINERJA POMPA SENTRIFUGAL UNTUK MENGALIRKAN AIR BERSIH DARI GROUNDTANK MENUJU ROOFTANK DI GEDUNG VASAKA THE REIZ CONDO MEDAN

Frima Esra M Sitanggang, Din Aswan Amran, Fadly A Kurniawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghitung head total pompa, daya poros pompa serta effisiensi pompa pada analisa kinerja pompa sentrifugal untukmengalirkan air bersih dari groundtank menuju rooftank di gedung vasaka the reiz condo medan. Data dikumpulkan dengan observasi langsung di unit pompa dengan memperoleh panjang, tinggi, diameter  pipa,tebal pipa, densitas dari fulida,jumlah belokan pipa,dariunit Pompasentr ifugal yangdilakukan denganpenelitian dan pengamatan.Masing-masing data tersebut dikumpulkan kemudian diolah dengan metode perhitungan. Dalam menghitung besarnya tekanan pompa sentrifugal, kita harus menghitung head pompa terlebih dahulu kemudian kita dapat menghitung daya poros pompa sentrifugal serta menghitung effisiensi pada pompa. Dalam perhitungan iniakan dihitung tekanan pipa tekan,  pipa hisap,kerugian head pada gesekan pipa,dari semua data diatas dijumlahkan maka dapat diketahui berapa head total. head total pada pompa  sangat berpengaruh untuk mengalirkan cairan fluida dari dari groundtank menuju rooftank.Dan daya poros pada pompa sentrifugal juga sangat mempengaruhi laju fluida yang dialirkan dari groundtank menuju rooftank. Semakin cepat daya poros yang dilakukan dalam poros pompa sentrifugal maka fluida cair yang di alirkanlaju nya semakin cepat. Dari head total dan daya poros pada pompa, kemudian kita dapat melihat effisiensi pompa sentrifugal tersebut. Maka Head total pompa sentrifugal diperoleh sebesar meter, daya poros pada 1 (satu) pompa sebesar 24,6 kw dan effisiensi pompa sentrifugal pada analisa kinerja pompa sentrifugal untuk mengalirkan air bersih dari groundtank menuju rooftank di gedung vasaka the reiz condo medan ini diperoleh sebesar69.02 %.


Keywords


Pompa Sentrifugal; Head; Pompa; Daya; Poros; Effisiensi

Full Text:

PDF

References


. H. P. Gatot Ranggatama, 2020, Analisis Perancangan Pompa Sentrifugal pada Perancangan Shower Tester Booth di PT X,” Tek. Mesin, vol. 9, no. 2, pp. 88–95, 2020.

. Bandriyana B, 1983, Teknik Analisis Karakteristik Pompa, Jakarta.

. Bianchi, Ir. LWP, P. Bustraan, 1978, Pompa, Cetakan Keempat, Pradnya Pramita, Jakarta,

. Church, Austin H, 1990, Pompa dan Boiler Sentrifugal, Erlangga, Jakarta.

. Edward, Hicks, 1990, Teknologi Pemakaian Pompa, Jakarta.

. Karrasik I., J., Krutzch,W., Cincin, Warren F., Messina J., H., 1978, Pump Handbook, 2nd edition, Mc Graw Hill Company, USA.

. Sularso, Haruo Tahara. 2000. Pompa dan Kompressor : Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan. PT Pradnya Paramitha. Jakarta, Hal 31.

. Juliadi H., 2011, Analisa Variasi Jumlah Katup Limbah Dan Susunan Pompa Terhadap Unjuk Kerja Pompa Hidram (Hydraulic Ram), Skripsi, Universitas Mataram.

. Sularso dan Haruo Tahara. 2004. Pompa dan Kompresor. Jilid 8. Penerbit PT. Pradnya Paramita. Jakarta. Hal 6.

. Universitas Mataram. Jalan Majapahit Dinamika Teknik Mesin, Volume 2 No.2 Viktor L. Streeter, Arko Prijono. 1990. Mekanika Fluida Jilid 1, Edisi delapan. PT Erlangga. Jakarta, Hal. 200.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i1.10032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Frima Esra M Sitanggang, Din Aswan Amran, Fadly A Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License