ANALISIS BEBAN KERJA MENTAL MAHASISWA TINGKAT AKHIR PADA PENYELESAIAN TUGAS AKHIR MENGGUNAKAN METODE NASA-TLX

Hadisty Andara Casya, Suliawati Suliawati, Bonar Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja mental yang dialami oleh mahasiswa tingkat akhir dalam proses penyelesaian tugas akhir mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah NASA-TLX (Task Load Index), yang merupakan alat evaluasi subjektif yang digunakan untuk mengukur beban kerja mental. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa tingkat akhir dari beberapa jurusan di universitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tingkat akhir mengalami tingkat beban kerja mental yang signifikan dalam penyelesaian tugas akhir mereka. Komponen-komponen evaluasi NASA-TLX, seperti beban kerja mental, kelelahan, kecepatan dan keandalan dalam menyelesaikan tugas, serta tingkat kesulitan subjektif, semuanya menunjukkan tingkat yang tinggi. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang kondisi psikologis mahasiswa tingkat akhir dan memperkuat perlunya dukungan dan strategi yang sesuai untuk membantu mereka mengelola beban kerja mental selama proses penyelesaian tugas akhir mereka. Implikasi dari penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk pengembangan pendekatan yang lebih efektif dalam pembimbingan dan dukungan bagi mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhir mereka dengan lebih efisien dan efektif.


Keywords


Beban Mental; Mahasiswa; Tugas Akhir; NASA-TLX

Full Text:

PDF

References


. Adelina, Simanjuntak. 2010. Analisis beban kerja mental dengan metode Nasa-TLX. Jurusan Teknik Industri, Institute sains & Teknologi AKPRIND:Yogyakarta.

. Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. 2019. Gambaran tingkat stress mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 5(1), 40-47.

. Beban Kerja Mental Pada Pekerja Di PT XYZ Dengan Menggunakan NASA-TLX, Vol. 4, No. 1, Maret 2019 Pp. 24-28

. Didin, F. S., Mardiono, I., &Yanuarso, H. D. 2020. Analisis Beban Kerja Mental Mahasiswa saat Perkuliahan Online Synchronous dan Asynchronous Menggunakan Metode Rating Scale Mental Effort. OPSI, 13(1), 49. https://doi.org/10.31315/opsi.v13i1.3501

. Hancock, A. Peter and N. Meshkati 1988. Human Mental Workload. Netherlands:

. Elsevier Science Publishing Company, INC

. Hart, S. G., & Staveland, L. E. 1988. Development of NASA-TLX (Task Load Index): Results of empirical and theoretical research. In P. A. Hancock & N. Meshkati (Eds.), Human mental workload (pp. 139–183). North-Holland. https://doi.org/10.1016/S0166-4115(08)62386-9

. JJ. Siang. 2009. Cara Cepat Menyusun Skripsi. Yogyakarya: Media Pressindo.

. Manuaba. 2000. Hubungan Beban Kerja Dan Kapasitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

. Sanjaya, H., Gunawan, & Eddyman. 2016. Pengaruh Kompetensi dan Motivasi Terhadap Kinerja Perawat Pada Dokumentasi Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSU Wisata Universitas Indonesia Timur Makassar. Jurnal Mirai Management, 1(2), 446–461.

. Sari, S., Nuralma, A., Feocliamsyah, A. R., Hafiizh, H., &Sunardi, P. E. 2022. Pengukuran beban kerja dengan menggunakan metode rating scale mental effort. Jurnal kesehatan masyarakat dan lingkungan hidup, 7(1), 9–20. https://doi.org/10.51544/jkmlh.v7i1.2258

. Sitorus, Sri Wahyuni. 2014. “Analisis Beban Kerja dengan Menggunakan Metode NASA-TLX untuk Menentukan Jumlah Karyawan yang Optimal pada Bank BNI Cabang USU”. Medan: Universitas Sumatera Utara.

. Tugas, L., Disusun, A., Salah, S., Syarat, S., & Memperoleh, U. 2021. Menggunakan Metode National Aeronautics And Space Administartion Task Load Index (Nasa Tlx) Dan Rating Scale Mental Effort (Rsme) (Studi Kasus : PT. Bawen Mediatama)




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i1.10040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hadisty Andara Casya, Suliawati Suliawati, Bonar Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License