PERANCANGAN STRATEGI COFFEE SHOP DALAM PERSAINGAN BISNIS DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY (STUDI KASUS : UD. PARKIRAN KOPI SEPEDA)
Abstract
Parkiran kopi sepeda merupakan suatu usaha dagang yang memiliki motif menghadirkan kopi berkualitas dengan harga yang terjangkau. Adanya tingkat persaingan yang tinggi karena semakin banyak usaha yang sama bermunculan maka coffee shop dituntut untuk membuat sebuah rancangan strategi yang memberikan nilai lebih kepadakonsumen dengan biaya yang terjangkau disemua kalangan. Dalam penelitian ini, Blue Ocean Strategy digunakan sebagai metode untuk merancang sebuah strategi yang berfokusmenguasai pasar bisnis melalui proses dengan alat analisis kanvas strategi dankerangka kerja empat langkah. Kanvas strategi digunakan untuk mengetahui posisiperusahaan terhadap pesaing didalam persaingan pasar. Sedangkan kerangka kerja empatlangkah berfungsi untuk merekonstruksikan atribut–atribut nilai pembeli dalam membuatkurva nilai baru. Dari hasil pembahasan yang telah dilakukan maka strategi yang perluditerapkan coffee shop adalah coffee roastery, histori varian kopi dan tabel rasa kopi yang selama ini belum pernahditawarkan. Selain ituperlu meningkatkan nilai atribut yang selamaini menjadi ajang persaingan yaitu kualitas produk, kualitas pelayanan, promosi, inovasi produk dan kenyamanantempat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. Adicandra, A. 2017. Strategi pengembangan bisnis berdasarkan blue ocean strategy pada pt. Inti lautan fajar abadi. Agora, 5(1), 1–7.
. Albayrak, & Beybur, M. 2018. Journal of Economics Bibliography. Journal of Economics Bibliography, 5(3), 3–8.
. Astuti, Y., Zulkarnain, M., & Mukarramah. 2019. Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Village Coffe di Kota Langsa. Proseding Seminar Nasional Kewirausahaan, 1(1), 144–150. https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3592
. Eltobgy, A., & Abd Elmoaty, Y. 2018. Effect of Applying Blue Ocean Strategy on Marketing Performance in the Egyptian Travel Agents. International Journal of Heritage, Tourism and Hospitality, 12(2), 382–399. https://doi.org/10.21608/ijhth.2019.31999
. Kim, W. C., & Mauborgne, R. 2005. Blue Ocean Strategy (Strategi Samudra Biru): Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan. Harvard Business School Publishing Corporation.
. Kusnita, K. L. (2019). Blue ocean strategy di industri perhotelan. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(3), 122–134. http://journal. undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/article/view/2236
. Kusumanto, I., & Fitri, D. A. 2019. Analisis Bisnis Ritel Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy Dalam Menciptakan Inovasi Nilai Di 212 Mart Pekanbaru. Spektrum Industri, 17(2), 157. https://doi.org/10.12928/si.v17i2.13234
. Nazarudin. 2020. Manajemen Startegi. In NoerFikri Offset (Edisi III).
. Noviasari, E. T. L., Fatimah, F., & Hermawan, H. 2019. Penerapan Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy (BOS) Dalam Menghadapi Persaingan (Studi Kasus Dira Park Ambulu). 1–12. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
. Putri, B. R. T. 2014. Manajemen Pemasaran Modern. In Liberty, Yogyakarta. Samrin, & Irawan. 2019. Analisis Blue Ocean Strategy Bagi Industri Kerajinan di Kota Tanjung Balai. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 217–233.
. Saratian, E. T. P., Mulyowahyudi, A., & Kurniasih, A. 2019. Kajian Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Pembiayaan Sindikasi Skim Musyarakah Mutanaqishah. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 112. https://doi.org/10.22441/jimb.v5i1.5629
. Shafiq, M., Tasmin, R., Takala, J., Qureshi, M. I., & Rashid, M. 2018. Mediating role of open innovation between the relationship of Blue ocean strategy and innovation performance, a study of Malaysian industry. International Journal of Engineering and Technology(UAE), 7(2.29 Special Issue 29), 1076–1081. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.29.14316
. Suci, R. P. 2019. Esensi Manajemen Strategi. Zifatama.
. Suyudi, M., & Suryana, H. 2020. Perancangan Strategi Bisnis Dengan Pendekatan Blue Ocean Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus: PD.Hj.Imat Cianjur). Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 4(1), 47. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v4i1.893
. Tanjung, Y. W., & Widiasyih, A. S. (2021). Blue Ocean Strategy Pada Usaha Pengolahan Kopi “Ud Tyyana Coffee” Di Kabupaten Tapanuli Selatan. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 20(2), 321–332. https://doi.org/10.31186/jagrisep.20.2.321-332
. Wardoyo, P. 2011. Enam Alat Analisis Manajemen. In Semarang University Press (Edisi I, Vol. 4, Issue 1). Semarang University Press.
. Yunus, E. 2016. Manajamen Strategis. In Penerbit Andi.
DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i2.10924
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Erin Rizaldi Purba, Bonar Harahap, Tri Hernawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Buletin Utama Teknik
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id
Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License