EVALUASI KONDISI PERKERASAAN JALAN SINGKIL – SP. JAYA TIMUR (RIMO) PADA STA. 14+000 SAMPAI STA. 16+000 DENGAN MEMBANDINGKAN METODE PCI (PAVEMENT CONDITION INDEX) DAN BINA MARGA SERTA PENANGANANNYA

Rinaldo Berutu

Abstract


Pertumbuhan jumlah penduduk di Kabupaten Aceh Singkil beberapa tahun terakhir semakin pesat. Seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk tersebut kebutuhan akan sarana transportasi di Kabupaten Aceh Singkil juga semakin meningkat. Ruas jalan Singkil - Sp. Jaya Timur (Rimo) merupakan jalur yang diprioritaskan karena selalu dilalui oleh masyarakat dan jalur ini juga merupakan jalur menuju daerah perkantoran, ibukota kabupaten serta penghubung ke pelabuhan penyeberangan.Evaluasi kondisi perkerasan jalan sangat perlu dilakukan untuk monitoring seberapa tingkat kerusakan yang terjadi pada suatu ruas jalan.Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat nilai kondisi perkerasan jalan dari kerusakan yang terjadi pada ruas jalan Singkil - Sp. Jaya Timur (Rimo) pada STA 14+000 – 16+000.Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survei kerusakan jalan. Hasil evaluasi kondisi jalan dengan metode Bina Marga dan metode PCI ternyata menghasilkan penilaian yang relatif sama. Perhitungan nilai kondisi berdasarkan metode Bina Marga termasuk program pemeliharaan rutin dengan usulan perbaikan antara lain penebaran pasir, pengaspalan, penutupan retak, penambalan lubang, dan perataan. Sedangkan metode Pavement Condition Index termasuk kategori (good) baik dengan usulan perbaikan antara lain penambahan pasir, penutupan retak, penambalan parsial, penutup permukaan, dan overlay.Kerusakan paling parah terjadi pada Segmen 5, 14 dan 20 dengan kategori (poor) buruk.


Keywords


Kondisi Pekerasan Jalan; Bina Marga; Pavement Condition Index (PCI)

Full Text:

PDF

References


] Direktorat Jendral Bina Marga.1983.Manual pemeliharaan Jalan Nomor: 03/MN/B/1983. Indonesia: Departemen Pekerjaan Umum.

] Direktorat Jenderal Bina Marga, 1990. Panduan Survai Dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas NO.001 /T/BNKT/1990). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Pembinaan Jalan Kota.

] Faisal, R., Zulfhazli., Abdi. A H., Muchtaruddin. 2020. Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) dalam Mengevaluasi Kondisi Kerusakan Jalan (Studi Kasus Jalan Tengku Chik Ba Kurma, Aceh) Teras Jurnal 10(1): 110-122.

] Gemo, A.S., 2019,Evaluasi Kerusakan Jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Ki Hajar Dewantara Kota Borong. Jurnal Sondir 2(1): 1-8.

] Hardiyatmo H.C., 2007,Pemeliharaan Jalan Raya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

] Jannah, R. L., Yermadona, H., & Dewi, S., 2022. Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metoda Bina Marga dan Pavement Condition Index (PCI) (Studi kasus: Jl. Lintas Sumatera Km 203-213). EnsiklopediaResearch and Community Service Review. 1(2): 114-122.

] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2012,Peraturan Menteri PUPR Nomor: 03/PRT/M/2012 Tentang Pedoman Penetapan Fungsi Jalan dan Status Jalan. Jakarta: Kementerian PUPR

] Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 2011. Peraturan Menteri PUPR Nomor: 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Jakarta: Kementerian PUPR..

] Lasarus, R., Lucia G J., Lalamentik., Joice E W. 2019. Analisa Kerusakan Jalan Dan Penanganannya Dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) (Studi Kasus Ruas Jalan Kauditan (by pass) – Airmadidi ; STA 0+770 – STA 3+770). Jurnal Sipil Statik 8(4): 645-654.

] Muhammad, F., Ary Setyawan., Suryoto. 2019. Evaluasi Nilai Kondisi Perkerasan Jalan Nasional dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Menggunakan Aplikasi Road Evaluation And Monitoring System (REMS) (Studi Kasus : Ruas Jalan Prambanan - Pakem). e-Jurnal Matriks Teknik Sipil1(1): 1-12.

] Nur, K N, dkk. 2021. Perancangan Perkerasan Jalan. Surabaya Cetakan 1. Medan: Penerbit Yayasan Kita Menulis

] Priana, Surya Eka., 2018. Analisa Faktor Perbandingan Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Lingkar Utara Kota Padang Panjang).Rang TeknikJournal. Fakultas Teknik. 1(1)

] Shahin, M.Y., Walther, J.A. 1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Street Using The PAVER System. New York :US Army Corps of Engineer.

] Sukirman, S. 1992. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Penerbit Nova.

] Taufikkurrahman. 2021. Analisa Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga (Studi Kasus Jalan Mangliawan – Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal Ilmu - Ilmu Teknik - Sistem17(1): 45-53.

] Yamali, FR., Elvira. H., Eben. ES.2020. Penilaian Kondisi Jalan dengan Metode PCI(Pavement Condition Index).Jurnal Talenta Sipil 3(1): 47-50




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i2.10929

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Rinaldo Berutu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License