PERENCANAAN PERKERASAN KAKU TULANGAN WIREMESH (RIGID PAVEMENT) JALAN PERUMAHAN PROPERTI CIKARANG BEKASI JAWA BARAT
Abstract
Perencanaan Perkerasan Kaku Tulangan Wiremesh (rigid Beton Cor Pavement) jalan permahan Properti Cikarang Bekasi Jawa Barat”.Jalan beton (rigid pavemet) masih menjadi pilihan utama sebagai elemen struktur rigid jalan perumahan diindonesia, tidak heran karena memiliki banyak kelebihan antara lain memiliki masa layak hingga puluhan tahun dan cenderung tidak memerlukan biaya besar dalam masa perawatanya, tetapi dikarenakan jalan beton bertulang menggunakan tulangan wiremesh untukmeminimalisir pada perkerasan struktur jalan rigid, tidak untuk diaplikasikan dalam beton tanpa tulangan. Oleh sebab itu pada proyekjalan perumahan pada perencanaan perkerasan kaku tulangan wiremesh (rigid pavment) jalan perumahan properti cikarang bekasi jawa barat dengan pertimbangan tidak menggangu kapasitas jalan (lalu lintas) pada saat proses pelaksanaan pekerjaan. Dalam penelitian perencanaan ini bertujuan ingin mengetahui tingkat kelelahan beton jalan menggunakan tulangan wiremes untuk meminimalisir dari segi praktis efesien, efek terhadap waktu pekerjaan dan penyelesaian metode kerja dengan beberapa alternatif sistem metode bekisiting bahu jalan betonyaitu: 1. Plastik cor , 2. Selimut tulangan, 3. Perletakan Wiremesh . Dengan hasil ketiga metode ini, seharusnya pada beton sambungan dan untuk mencapai umur beton lebih baik lagi, memerlukan pada setiap sambungan tulangan wiremesh diperlukan besi dowel pengekang penuh lebih aman untuk dikerjakan dan juga memiliki resiko kegagalan struktur yang rendah dengan persyaratan umum).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
. AASHTO, American Association of State Highway and Transportation Officials,
Guide for Design of Pavement Structures
. Saodang, Hamirhan. 2005. Perancangan Perkerasan Jalan Raya Buku 2. Penerbit
Nova. Bandung.
. Suryawan, Ari. 2013. Perkerasan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement),
Beta Offset. Yogyakarta.
. Direktorat Jenderal Bina Marga. 2013. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor
/M/BM/2013.Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.
. Republik Indonesia.2004. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan,
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta.
. Hardiyatmo, H C., 2011, , Percancangan Perkerasan Jalandan Penyelidikan Tanah. Penerbit Gadjah Mada University Presss, Yogyakarta.
. Departement Permukiman dan Prasarana Wilayah, Pelaksanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, 2002.
. Tenriajeng, Andi Tenrisukki. 1999. Rekayasa Jalan Raya-2. Jakarta. Universitas Gunadharma.
. Aly, Mohamad Anas. 2004,. Teknologi Perkerasan Jalan Beton Semen. Jakarta.Yayasan Pengembang Teknologi dan Manajemen.
. Asiyanto, 2008,. Metode Kontruksi Proyek Jalan. Jakarta. Universitas Indonesia Press
. Direktorat Jendral Bina Marga, 1991, Tata Cara Pemeliharaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement).
. Manu, 1995, Perkerasan Kaku. Jakarta. Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum.
. Republik Indonesia. 2004. Undang-Undang No. 38 Tahun 2004 tentang Jalan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
DOI: https://doi.org/10.30743/but.v20i3.11470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Darlina Tanjung, Jupriah Sarifah, Marwan Lubis, Heri Hidayat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Buletin Utama Teknik
Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217
Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id
Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License