ANALISA MOBIL AVANZA VELOZ DITINJAU DARI ASPEK RISET PENELITIAN BERBASIS TEKNOLOGI

Bernadet Deriman Hati Ndruru, Junaidi Junaidi

Abstract


Perkembangan teknologi di bidang otomotif telah membawa dampak besar terhadap efisiensi, kenyamanan, dan kinerja kendaraan bermotor, khususnya mobil penumpang seperti Toyota Avanza Veloz. Mobil ini menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia karena menawarkan kombinasi antara performa, efisiensi bahan bakar, serta teknologi modern yang menunjang kenyamanan berkendara. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis sistem kerja dan efisiensi teknologi yang diterapkan pada Toyota Avanza Veloz 1.5L dengan pendekatan riset berbasis teknologi terkini.Analisis dilakukan dengan pendekatan deskriptif analitik melalui studi literatur, pengumpulan data teknis kendaraan, serta perhitungan efisiensi termal dan analisis siklus kerja mesin. Sistem seperti Dual VVT-i dan Electronic Fuel Injection (EFI) menjadi fokus utama karena berperan penting dalam efisiensi pembakaran dan pengurangan emisi gas buang. Selain itu, pendekatan teknik mesin dan perhitungan termodinamika digunakan untuk mengevaluasi efisiensi energi dari pembakaran dalam mesin kendaraan. Hasil analisis menunjukkan bahwa efisiensi termal yang dicapai oleh Avanza Veloz telah memenuhi standar efisiensi kendaraan MPV masa kini, walaupun masih terbuka potensi untuk pengembangan lebih lanjut dalam hal manajemen panas.

Keywords


Toyota Avanza Veloz; Efisiensi Termal; Dual VVT-i; EFI; Teknologi Otomotif

Full Text:

PDF

References


. Rosyidin, 2019, Efisiensi Jarak Tempuh Toyota Veloz 1500 Cc Tahun 2015 - Sekarang Menggunakan Gasoline Type A,B,C Oktan 92, Pros. Simp. Nas. Multidisiplin, vol. 1, 2019, doi: 10.31000/sinamu.v1i0.2105.

. Rosyidin, Y. Efendi, dan A. Amir, 2021, Kajian Pengaruh Performa Mobil Buatan Astra Daihatsu 1500 CC Tahun 2015 – Sekarang Terhadap Bahan Bakar Bensin Jenis X, Y, Z RON 92, Pros. Simp. Nas. Multidisiplin, vol. 2, hal. 399–409, 2021, doi:

31000/sinamu.v2i0.3630.

. F. Evly dan R. I. Liow, 2015. Sistem Perawatan Berkala Mobil Toyota dengan Prinsip Kaizen, J. Arenga Tekno, vol. 1, no. 2, hal. 96–101.

. D. Naura, H. Abizar, dan E. Susanto, 2023, Analisis Perawatan Berkala Terhadap Peforma Mobil Avanza, J. Pendidik. Otomotif Univ. Muhammadiyah Purworejo, vol. 18, no. 02, hal. 57.

. M. A. Habe, A. M. Anzarih, dan Y. Basongan, 2019, Analisa Emisi Gas Buang Mesin EFI dan Mesin Konvensional pada Kendaraan Roda Empat, J. Tek. Mesin Sinergi, vol. 9, no. 2, hal. 130–139, 2019, doi: 10.31963/sinergi.v9i2.1073.

. W. W. Pulkrabek, 2013, Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine, J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699.

. S. Budi Perkasa, T. Sukmadi, dan D. Denis, 2020, Analisa Perbandingan Daya Dan Torsi Pada Perancangan Purwarupa Mobil Listrik, Transient, vol. 9, no. 4, hal. 2685–0206, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/transient

. Santoso dan Warju, 2020, Rancang Bangun Fuel Flow Meter Toyota Avanza 1.3 Tipe K3-Ve Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Performa Mesin, J. Rekayasa Mesin, vol. 6, no. 1, hal. 1–5, 2020.

. G. T. Gunawan, S. Nurhaji, dan S. Suadi, 2023, Analisis Kebocoran Sistem Rem Hidrolik Pada MobilL Toyota Aavanza Tipe Veloz, Mot. Bakar J. Tek. Mesin, vol. 7, no. 2, hal. 47–56, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/mjtm/article/view/9906

. N. Grimaldi dan F. Millo, Internal Combustion Engine ( ICE ) Fundamentals , vol. 21. 2015. doi: 10.1002/9781118991978. hces077.

. N. Mei, M. Hasbi, dan B. Sudia, 2016, Studi Gejala Kerusakan Pada Mesin Toyota Avanza Berteknologi Vvt-I Tipe Mesin K3-Ve 1300 Cc, vol. 1, no. 1, hal. 30–34.

. T. Sugiarto, D. S. Putra, W. Purwanto, dan W. Wagino, 2018, Analisis Perubahan Output Sensor Terhadap Kerja Aktuator pada Sistem EFI (Electronic Fuel Injection), INVOTEK J. Inov. Vokasional dan Teknol., vol. 18, no. 2, hal. 91–100, 2018, doi: 10.24036/invotek. v18i2.418.

. W. W. Pulkrabek, 2013, Engineering Fundamentals of the Internal Combustion Engine, J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699.

. Syahbana dan G. R. F. Syahrillah, 2018, Kajian Teoritis Tentang Spesifikasi Engine 1Nr-Ve, Al-Jazari J. Ilm. Tek. Mesin, vol. 3, no. 1, hal. 94–98, 2018, doi: 10.31602/al-jazari.v3i1. 1400.

. R. Jangra, 2017, Analysis of Energy Storage from Exhaust of an Internal Combustion Engine, Int. J. Eng. Res. Technol. Icadems, vol. 5, no. 03, hal. 3–5, 2017.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v21i1.12139

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Bernadet Deriman Hati Ndruru, Junaidi Junaidi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License