ANALISA PERFORMA HONDA CBR250RR FI MENGGUNAKAN SYSTEM QUICK SHIFFTER DAN ASSIST SLIPPER CLUTCH DENGAN CBR250RR FI STANDARD DAN PENGARUH PREVENTIVE MAINTENANCE PADA QUICK SHIFTER DAN ASSIST SLIPPER CLUTCH

Said Muhammad Randy, Junaidi Junaidi, Yulfitra Yulfitra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Perbandingan Performa Motor HondaCBR250RR FI dengan menggunakan Sistem Quick shitter dan Assist Slipper clutch dengan yang standard, serta menerapkan perwatan berkala pada motor Honda CBR 250RR, Metode yang digunakan adalah eksperimen yang dilakukan pada Motor Honda CBR250RR FI. Torsi engine yang dihasilkan oleh motor Honda CBR250RR F1 lebih besar dengan menggunakan system assist slipper clutch dan quick shiftter yaitu 27,6 Nm pada putaran engine 6000 rpm, sedangkan Torsi engine terendah yaitu 15,8 Nm pada putaran engine 2000 .Daya engine yang dihasilkan oleh motor Honda CBR250RR F1 lebih besar dengan menggunakan system assist slipper clutch dan quick shiftter yaitu 23,7 hp pada putaran engine 6000 rpm, sedangkan Daya engine terendah yaitu4,5hp padaputaran engine 2000 rpm. Maintenace atau pemeliharaan mesin di tujukan agar dapat mengurangi frekuensi kerusakkan dan mengurangi lamanya waktu kerusakkan.dengan pelaksanaan perawatan mesin yang baik dan efisien, maka dapat mempertahankan waktu penyelesaian produk, menjaga mutu produk,mengurangi biaya kerusakkan yang tidak di harapkan,sertamenjaga agar fasilitas produksi dapat di gunakan secara efecktif. Kegiatan maintenance terdiri dari preventive maintenance yang merupakan salah satu tugas bagian maintenance yang dapat mendukung kegiatan maintenance dapat dilakukan seefesien mungkin.

Keywords


Bahan Bakar; Motor Injeksi; Performa; maintenance; preventive maintenance

Full Text:

PDF

References


. SigitIriyanto, 2008, Analisa Performa Sepeda Motor 4 langkah 1 Silinder Fuel Injection 125cc Terhadap Variasi Campuran Pertamax-Ethanol (E10-E30).

. Philip Kristanto, 2015. Motor Bakar Torak. Penerbit Andi.Yogyakarta.

. Winarno dan Karnowo, 2008, Buku Ajar Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

. Pulkrabek,W.W, 2004, Engineering Fundamental softhe Internal Combustion Engines, Second Edition. Pearson Prentice-Hall, 2004.

. Sharma S,P. 1978.. https://journals.sagepub. com/doi/abs/10.1177/0019556119780227. Dikutip Jumat 02 Februari 2020

. Soenarto, Furuhama. 1995. Motor Serba Guna. Penerbit Pradnya Paramita. Jakarta.Yaskawi,K. 1994.Teori Pembakaran Hydrogen.Semarang.

. Moch. Solikin, 2005. Sistem Injeksi Bahan Bakar MotorBensin (EFI System). Yogyakarta: Kampong Ilmu.

. Dwi Wahyono, Technical Training Instructor Astra Motor Yogyakarta, 2018.

. Sriyono, 2018, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM).

. Triyono, Wahyu. 2009. Pemeliharaan/ Servis Sistem Bahan Bakar Bensin untuk SMK dan MAK. Jakarta: Erlangga.

. Arends, BPM dan H. Berenschot.1980. Motor Bensin. Jakarta :Erlangga.

. Jama, 2008, Teknologi sepeda motor jilid 2,0.47.Teknik sepeda motor Jilid1, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

. Raharjo, Winarno Dwi dan Karnowo. 2008. Mesin Konversi Energi. Semarang: Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v21i1.12149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Said Muhammad Randy, Junaidi Junaidi, Yulfitra Yulfitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License