PENGUKURAN TINGKAT PEMAHAMAN SHIFT KERJA PERUSAHAAN X

Fitra Fitra

Abstract


Perusahaan X merupakan salah satu pabrik pengolahan minyak kelapa sawit yang beroperasi secara kontiniu. Perusahaan X memiliki beberapa departemen untuk mengoperasikan perusahaannya salah satunya departemen A dan departemen B. Pada departemen A dan B Perusahaan X menerapkan shift kerja untuk kelancaran operasionalnya. Shift kerja merupakan pola waktu kerja yang diberikan pada karyawan untuk mengerjakan sesuatu dan biasanya dibagi atas kerja pagi, sore dan malam. Tidak semua orang dapat menyesuaikan diri dengan sistem shift kerja. Shift kerja membutuhkan banyak sekali penyesuaian waktu. Karyawan yang menggunakan shift kerja mengalami kelelahan dan stres yang berbeda dengan pekerja yang tidak menggunakan shift kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman karyawan tentang shift kerja antara departemen A dan departemen B. Penelitian menggunakan penyebaran kuesioner dengan pengolahan data menggunakan tabulasi pivot. Penyebaran yang dilakukan pada pemahaman shift kerja didapat hasil signifikansi 0,039<0,05. Rata-rata tingkat pemahaman shift kerja departemen A lebih tinggi yaitu 4,21 di bandingkan dengan departemen B yaitu 4,13.


Full Text:

PDF

References


Alfanan, A., Hermawan, D.F.S., 2016, Shift Kerja dan Produktivitas pekerja Bagian Penggilingan Di PT Madukismo Yogyakarta. Jurnal Formil, Kesmas Respati Volume 1, Nomer 2, Universitas Respati Yogyakarta.

Khalid, A., 2014, Perbedaan Stress Kerja pada Tenaga Kerja Shift Pagi, Shift Siang, dan Shift Malam Dibagian Weaving PT Iskandar Indah Printing Textile Surakarta. Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Marchelia, V., 2014, Sress Kerja Ditinjau dari Shift Kerja pad Karyawan, JIPT Volume 02 Nomer 01: Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Malang Nurmianto, E., 2005, Ergonomi, Konsep Dasar dan Aplikasinya, Edisi Kedua, Prima Printing;Surabaya

Priyatno, D., 2010, Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS, Media com;Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2009 Fitra Fitra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License