PENERAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Luthfi Parinduri, Marlanfar Marlanfar, Abdul Halim

Abstract


Setiap bentuk perusahaan mempunyai tanggung jawab untuk mengembangkan lingkungan sekitarnya melalui program-program social seperti program pendidikan dan lingkungan dan lain sebagainya. Yang demikian itu disebut corporate social responsiblity (CSR). Corporate Social Responsibility merupakan suatu komitmen berkelanjutan oleh dunia usaha untuk bertindak etis dan memberikan kontribusi kepada pengembangan ekonomi dari komunitas setempat ataupun masyarakat luas, bersaman dengan peningkatan taraf hidup pekerja beserta keluarganya.   Penerapan CSR di indonesia muncul diakhir dekade 1990-an. Kondisi penting yang melahirkan CSR di Indonesia karena gerakan sosial berupa tekanan dari LSM lingkungan, LSM buruh, serta LSM Perempuan. Selain itu adanya kesadaran untuk menjalankan praktik CSR dari perusahaan. Program CSR sudah mulai bermunculan di Indonesia seiring telah disahkannya Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas dan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal.


Full Text:

PDF

References


Arif Zulkifli Nasution, 2018, Dasar Hukum SR, diunduh pada tanggal 28 Mei 2019 dari https://bangazul.com/ dasar dasarkum-csr/

Budi Gautama Siregar, 2015, Penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Pandangan Islam, Juris Volume 14, Nomor 2 (Juli-Desember 2015), Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Dinda Fathia, 2018, Implementasi Program Corporate Social Responsibility Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk Cabang Banda Aceh), Skripsi, Fakultas Syari’ah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam - Banda Aceh

Mega Karunia Rosdwianti Moch. Dzulkirom AR Zahroh Z.A, 2016, Pengaruh Corporate Social Responsibiliy (CSR) Terhadap Profitabilitas Perusahaan (Studi Pada Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2014) Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No.2 September 2016|

Novi Nur Indah Sari Achmad Fauzi dan Sunarti, 2014, Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Citra (Survei pada Masyarakat yang Bekerja di Pabrik Gula Kebon Agung yang Bertempat Tinggal di Daerah Kebon Agung Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)| Vol. 8 No. 2 Maret 2014| administrasi bisnis. studentjournal.ub.ac.id, Universitas Brawijaya, Malang.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2007 tentang Penanaman Modal

Undang-Undang No 40 Tahun 2007 mengenai Perseroan Terbatas

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Yusuf Wibisono, 2011, Membedah Konsep Dan AplikasI CSR (Corporate Sosial Responsibility), Yogyakarta, Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v14i3.1275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Luthfi Parinduri, Marlanfar Marlanfar, Abdul Halim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License