ANALISA KUALITAS PELAYANAN AKADEMIS FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM SUMATERA UTARA DENGAN METODE “QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT”

Abdurrozzaq Hasibuan, Bonar Harahap, Agus Sulistio

Abstract


Penelitian ini dilakukan di Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara untuk mengukur tingkat kepentingan mahasiswa sebagai pengguna pelayanan akademis terhadap kualitas pelayanan yang diberikan, sehingga tidak timbul antara keinginan dan harapan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan yang di terimanya. Adapun pendekatan atau metode yang digunakan adalah dengan menggunakan metode Quality Function Deployment. Pelayanan akademis di Fakultas Teknik sangat penting dilaksanakan dengan persentase 63,33 % untuk atribut kualitas pelayanan. Sedangkan tingkat kepentingan ketepatan proses pelayanan dinyatakan penting dilaksanakan dengan persentase 73,33 %. Dan atribut perhatian terhadap penyelesaian masalah dengan persentase 33,33% cukup penting dilaksanakan di Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara. Dari hasil penelitian ini sebagai masukan bagi manajemen untuk memperbaiki atau meningkatakan kualitas pelayanan untuk meningkat citra Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara.

Full Text:

PDF

References


Afriyadi, Rudi. Penggunaan Quality Function Deployment (QFD) Dalam Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Mahasiswa Politeknik Sukabumi.

Danang, Sunyoto, 2013, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. PT CAPS.Yogyakarta

Kotler, Philip, 2005, Manajemen Pemasaran, PT. Indeks, Jakarta.

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium Jilid I. PT. Prehallindo. Jakarta.

Lupiyoadi, Rambat, 2001, Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Moenir, 2006, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Penerbit Bumi Aksara.

Nasution, 2001, Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta

Sistaningrum, 2002, Manajemen Penjualan Produk. Penerbit Kanisius. Yogyakarta

Sahruddin, 2015, Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan Di Instalasi Rawat Inap Dengan Metode Quality Function Deployment. Fakultas Teknik. Medan

Sugiono, 2016, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT. Alfabet. Bandung

Supranto, J., 2001, Pengukuran Tingkat Kepuasan PelangganUntuk Meningkatkan Pangsa Pasar. CV. Alfabeta. Jakarta

Tim, Penyusun, 2014, Urairan Tugas Dan Standar Operasi Prosedur (SOP). Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara. Medan




DOI: https://doi.org/10.30743/but.v15i2.2315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Abdurrozzaq Hasibuan, Bonar Harahap, Agus Sulistio

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License