ANALISA KINERJA SIMPANG JALAN RAJAWALI JALAN MERAK JALAN RAJAWALI JALAN KASUARI DIKELURAHAN SEI SIKAMBING B. KECAMATAN MEDAN SUNGGAL KOTA MEDAN

Abdullah Basalamah, Anisah Lukman, Hamidun Batubara, Darlina Tanjung

Abstract


Persimpangan adalah bagian dari ruas jalan dimana arus dari berbagai arah atau jurusan bertemu. Itulah sebabnya di persimpangan terjadi konflik antara arus dari jurusan yang berlawanan dan saling memotong, sehingga mengakibatkan terjadinya kemacetan di sepanjang lengan simpang. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian pada simpang dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, terutama yang berkaitan dengan kondisi operasional simpang. Pengambilan data lalu lintas dilakukan dengan mencatat jumlah kendaraan yang melewati simpang tiap 15 menit selama 2 jam. Dari hasil pengumpulan data diperoleh data primer berupa arus lalu lintas pada jam puncak, geometrik ruas jalan dan persimpangan, kecepatan sesaat, dan hambatan samping. Data sekunder berupa data jumlah penduduk. Analisis dilakukan berdasarkan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Berdasarkan perhitungan kinerja simpang untuk kondisi simpang tak bersinyal pada keadaan eksisting, didapat waktu sibuk pada simpang empat tak bersinyal diambil pada hari dan jam puncak yaitu pada hari senin 16 juli 2018 jam 16.00 – 18.00. Hasil perhitungan didapat jumlah arus total 3230 smp/jam, nilai kapasitas (C) = 3059 smp/jam dan derajat kejenuhan (DS) = 1,06, Meningkatnya volume kendaraan pada tahun ke 5 dan 10, Tingginya derajat kejenuhan pada kondisi eksisting maupun mendatang, Menurunnya kapasitas pada tahun ke 5 dan 10. Untuk meningkatkan kondisi operasional dari simpang dapat dilakukan beberapa alternative penanganan yaitu pelebaran jalan, membuat jalur belok langsung dan pemasangan lampu lalu lintas pada setiap jaringan jalan di persimpangan tersebut.

Full Text:

PDF

References


Anonimus, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Direktorat Jendral Bina Marga Pusat Penelitian dan Pengembangan Jalan.

Clarkson H. Oglesby dan R. Gary Hicks, 1999, Jalan Raya. Erlangga.

Gunardo, 2014, Geografi Transportasi. Yogyakarta ; Anggota IKAPI. Perpustakaan Nasional.

OglesBy. Clarkson H, R. Gary Hicks, 1996, Teknik Jalan Raya, Jakarta.

Salim Abbas, 2000, Manajemen transportasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Sukirman Sylvia, 1992, Perencanaan Geometrik Jalan.

Sukirman, S, 1999, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Nova, Bandung.

Tamin O.Z., 1997, Perencanaan & Pemodelan Transportasi Edisi Kedua. Bandung: ITB

Peraturan Kementrian Perhubungan 2014

Sukirman Sylvia, 1992, Perencanaan Geometrik Jalan

Tamin O.Z., 1997, Perencanaan & Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua.Bandung: ITB


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Buletin Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Website : https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email : bultek@ft.uisu.ac.id

Creative Commons License
Buletin Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License