MODELISASI PENYELESAIAN ALIRAN DAYA DENGAN METODA NEWTON RAPHSON DIMODIFIKASI

Yusniati Yusniati

Abstract


Sebuah metoda untuk penyelesaian aliran daya dengan modelisasi eliminasi bus-bus beban sistem tenaga lisrik untuk kondisi beban statis. Mula-mula system beban dimodelkan dengan menambahkan konstanta eksponensial model daya aktif dan daya reaktif, selanjutnya direfleksikan dalam matrik admittansi bus, kemudian mengeliminasi bus-bus beban. Model yang diperoleh merupakan model yang telah direduksi dengan orde matrik sama dengan jumlah bus generator, variable – variable dari model reduksi ini hanya sudut tegangan bus generator dan dihitung dengan metoda Newton-Raphson, sedangkan sudut tegangan dan tegangan bus-bus beban dihitung dengan metoda Eliminasi.Pemodelan dengan eliminasi bus-bus beban ini diterapkan pada system tenaga IEEE 57 bus 80 saluran dengan model konstanta eksponensial yang bervariasi. Hasil penyelesaian penerapan metoda ini lebih cepat 20.18 % dengan metoda Newton Raphson konvensional


Full Text:

PDF

References


Charles A. Gross., 1986, Power System Analisis, John Willey & Sons, Singapore.

Dias L. G. and El. Hawary. M.E, 1987, Bus Sensitivity to Load- Model parameter in Load–Flow Studies, IEE. Proceedings. Vol 134 Part c no 4.pp.302-305 Yuly.

George. L. Kusic, 1986, Computer Aided Power Sytem Analysis, Prentic Hall, Anglewood Lliffs, new Yersey.

Talaq Jawab, 1995, Modeling and Elimination of Load Buses in Power Flow Solution, IEEE Tras.on Power System Vol 10, no 3, Agust.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Yusniati Yusniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Buletin Utama Teknik

Fakultas Teknik - Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan, Medan 20217

Website: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/but
Email: bultek@ft.uisu.ac.id

Buletin Utama Teknik is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License